Bahan Makanan yang Menyehatkan Mata

facebook twitter

Siapa sih yang nggak kepingin punya mata sehat? Pasti semua mengidam-idamkan memiliki mata yang sehat dengan penglihatan yang jelas sebelum nanti kita lanjut usia. Mata yang sehat adalah anugerah yang tak ternilai harganya, karena dengan mata yang sehat kita bisa menikmati keindahan dunia ini beserta isinya sehingga kita akan selalu bersyukur kepada-Nya.

Supaya mata senantiasa sehat kita juga harus menjaga pola makan kita terutama harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Apa saja bahan makanan itu? Yuk kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. Wortel

Ibu-ibu pasti sudah paham bahwasannya wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Kenapa? karena di dalam wortel terdapat kandungan beta karoten yang selanjutnya akan diubah menjadi vitamin A. Selain menyehatkan mata ternyata wortel juga bisa untuk melawan radikal bebas yang akan mengganggu kesehatan anda. Nah bagi anda yang ingin memiliki mata yang sehat mulailah perbanyak makan wortel dari sekarang.

2. Telur

Wah kalo telur mungkin sering kita mengkonsumsinya. Di dalam satu butir telur terdapat kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan mata, kandungan itu diantaranya vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin banyak ditemukan di putih telur, dan tahukah anda bahwasannya zat ini merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.

makanan baik untuk mata
makanan baik untuk mata

3. Salmon

Beruntung bagi anda yang suka mengkonsumsi berbagai jenis ikan, terlebih lagi ikan salmon. Ikan salmon banyak mengandung omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Berdasarkan penelitian bagi siapa saja yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering. Nah loh, bagi anda yang sering mengalami mata kering perbanyaklah mengkonsumsi ikan salmon mulai dari sekarang.

4. Alpukat

Buah ini memiliki kandungan lutein yang sangat tinggi bahkan paling tinggi diantara buah-buah yang lainnya. Zat ini sangat penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.

5. Bayam

Kandungan di dalam bayak mungkin bisa dibilang hampir sama dengan kandungan telur yaitu terdapat kandungan lutein dan zeaxanthin. Selain kedua zat tersebut di dalam bayam masih terdapat vitamin C yang mampu mencegah glaukoma. Bersyukurlah bagi anda yang suka mengkonsumsi sayur-sayuran terutama bayam karena secara tidak langsung memberikan nutrisi yang sangat baik untuk mata.

6. Cokelat Hitam

Anda pasti tidak percaya bahwasannya cokelat hitam juga baik untuk kesehatan mata, kandungan yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan ketajaman penglihatan mata. Cokelat hitam atau dark chocholate mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Nah bagi anda yang tidak suka wortel atau bayam bisa mencoba mengkonsumsi cokelat hitam ini sebagai penggantinya.

7. Bawang Putih

Bawang putih biasa kita gunakan sebagai bumbu masak. Tahukah anda bahwasannya bawang putih banyak mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.

8. Kol

Kol banyak ditanam di daerah dataran tinggi. Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%.

9. Biji bunga matahari

Biji matahari serinng kita jumpai pada makanan kemasan yaitu kuaci (biji bunga matahari). Di dalam biji matahari terdapat kandungan selenium, vitamin E, dan zinc-nya mampu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh penuaan. Ia juga mengandung vitamin B2 untuk mengatasi penyakit photophobia (sensitivitas mata terhadap cahaya).

10. Tomat

Selain sebagai sayur, tomat juga bisa dikonsumsi sebagai jus. Bagi anda yang menginginkan mata yang sehat mulai sekarang perbanyaklah mengkonsumsi tomat. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata. Selain baik untuk mata kandungan gizi yang terdapat di dalam tomat juga baik untuk kulit kita.

Nah itulah beberapa bahan makanan yang dapat menyehatkan mata anda. Sebenarnya masih banyak lagi bahan makanan yang sangat baik untuk mata, biarlah nanti kapan-kapan kita bahas lagi…yang penting mulai sekarang mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi demi kesehatan tubuh kita, tak hanya mata tapi kesehatan seluruh organ tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.