Cara Alami Mengobati Perut Kembung

facebook twitter

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya perut kembung. Perut kembung bisa dialami oleh siapa saja mulai dari bayi, anak-anak hingga dewasa tanpa kecuali laki-laki maupun perempuan.

Penyebab utama dari perut kembung biasanya adalah pola makan yang kurang teratur serta kecapean. Bagi anda yang sering telat makan dan bekerja keras yang mengandalkan kekuatan otot biasanya lebih rentan terkena perut kembung.

Jika diantara anda atau saudara anda ada yang terkena perut kembung maka segeralah mengobatinya dengan beberapa cara alami di bawah ini yang sudah dipercaya oleh nenek moyang kita mampu mengobati perut kembung. Seperti apa ramuannya? Yuk simak cara alami mengobati perut kembung di bawah ini.

cara mengobati perut kembung
cara mengobati perut kembung
  1. Terlebih dahulu coba perut Anda diberi minyak angin dengan cara menggosok-gosok untuk menenangkan perut kembung
  2. Selanjutnya bisa mencoba gunakan daun jarak, banyaknya daun jarak yang akan digunakan sesuai dengan ukuran perut yang sakit, lalu daun jarak diolesi minyak kelapa, dan dihangatkan dengan api, kemudian tempellah daun jarak di perut.
  3. Bisa pula meminum teh hangat supaya perut tidak terlalu dingin, selain teh hangat, kita bisa minum obat simethicone sesuai kebutuhan untuk menetralisir gas di lambung.
  4. Bisa juga dengan ambil beras 1 sendok cuci dan rendam sebentar. sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk sampai lumat bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa dan saring. Semoga cara diatas dapat membantu anda dalam mengobati perut kembung masalah anda.
  5. Konsumsilah daging lidah buaya tanpa perlu dimasak. Buang kulitnya, lalu ambil isinya. Sebaiknya di potong kotak-kotak seperti potongan es batu. Lalu campurkan jus apa saja yang anda suka ke dalam daging lidah buaya . Kemudian langsung minum dan di kunyah daging lidah buaya tersebut.
  6. Jika perlu kompreslah perut dengan air hangat yang sudah ditaruh dalam botol atau minum-minuman yang hangat seperti teh manis.
  7. Air jahe juga efektif mengobati perut kembung. Pertama jahe digepengkan lalu masukan dalam gelas berisi air panas, beri gula lalu aduk rata.
  8. Anda tahu air tajin? Air tajin adalah air rebusan beras. Air tajin juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati perut kembung. Pertama ambillah setengah gelas air tajin lalu berikan sedikit garam dan gula sesuai selera. Minumlah pada pagi dan sore.

Beberapa cara di atas adalah cara alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengobati perut kembung. Biasakan gunakan ramuan tradisional terlebih dahulu untuk mengobati berbagai rasa sakit karena satu kelebihan dari pengobatan alami yaitu tidak memberikan efek samping seperti halnya ketika menggunakan obat-obatan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.