10 Khasiat Buah Anggur bagi Kesehatan

By | 23/12/2013

Anggur….siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini? Buah yang sangat menarik perhatian dan membuat setiap orang yang melihatnya pasti pengen mencoba mencicipinya. Sekedar perlu diketahui bahwasannya anggur adalah tanaman perdu yang merambat dan masuk dalam marga vitaceae. Anggur sendiri terbagi menjadi beberapa warna ada yang merah hati, hijau dan bahkan ada yang kekuning-kuningan.

Tahukah anda bahwasannya buah anggur memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satu diantaranya di dalam anggur memiliki kandungan senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Adabun beberapa manfaat atau khasiat anggur untuk selengkapnya silahkan bisa dibaca di bawah ini.

1. Antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

2. Asma

Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

khasiat buah anggur bagi kesehatan

khasiat buah anggur bagi kesehatan

3. Kanker Payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

4. Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

5. Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

6. Kelelahan

Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Migrain

Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

8. Penyakit Jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

9. Pencernaan

Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

10. Gangguan Ginjal

Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

Nah itulah beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan. Ternyata buah anggur memiliki banyak khasiat…dan mungkin selain 10 khasiat yang ada disini sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika mengkonsumsi buah anggur. Maka dari itu marilah kita mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan dan salah satunya buah anggur ini supaya tubuh kita senantiasa sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.