3 Alasan Mengapa Harga Emas Akan Terus Meningkat Pada 2022

By | 17/05/2022

Cararesep.com – 3 Alasan Mengapa Harga Emas Akan Terus Meningkat Pada 2022 – Harga emas dunia hingga saat ini telah menunjukkan kenaikan harga hingga 25 persen.

Kondisi tersebut dipicu oleh hasil referendum Inggris yang tidak dapat diprediksi sehingga mayoritas suara memilih inggris keluar dari Uni Eropa.

Situasi ini tentu saja membuat harga emas melonjak 100 dollar AS per ounce ke level harga tingginya selama dua tahun yaitu 1.358 dollar AS pada sesi perdagangan Jumat (24/06) beberapa pekan lalu.

Sementara itu, emas logam mulia masih duduk pada harga tinggi di tengah kondisi ekonomi global yang tidak jelas.

Baca juga : Cara Bisnis Forex Yang Tidak Memerlukan Trading

1. Pound Sterling Melemah Setelah Brexit

3 Alasan Mengapa Harga Emas Akan Terus Meningkat Pada 2022

Dengan kondisi pound sterling beberapa waktu lalu yang sangat merosot, harga emas justru meroket tajam menyentuh kisaran level harga di atas 1.300 dolar AS.

Bahkan emas sekarang kembali naik bersama dengan pound sterling yang lemah.

Ini menunjukkan bahwa harga emas logam mulia dalam Pound Sterling juga akan naik.

Sterling atau mata uang Inggris masih diperdagangkan dalam kisaran level harga rendah selama tiga dekade.

2. Bank Sentral Membatasi Aset Safe Haven Lainnya

Bank of England (BoE) dan beberapa bank lain saat ini bekerja untuk mempersiapkan pelonggaran kebijakan moneter mereka untuk mencegah resesi atau krisis.

Salah satunya adalah pemotongan suku bunga. Bahkan, penurunan suku bunga biasanya berdampak pada melemahnya nilai tukar.

Oleh karena itu, penguatan mata uang safe haven lainnya seperti Yen Jepang, CHF, atau dolar akan terbatas. Menurut World Gold Council dalam laporannya beberapa minggu yang lalu:

3. Tren Suku Bunga Rendah

Berdasarkan analisis terkait dampak Brexit oleh S & P Platts, kondisi dan situasi kini mendukung diberlakukannya kebijakan suku bunga rendah dan

“keadaan suku bunga rendah terjadi di balik ketidakpastian pasar ekonomi dan keuangan yang tinggi”.

Adanya sentimen semacam itu kemungkinan akan memiliki dampak fundamental dan positif yang berkelanjutan pada harga emas.

Selain itu, penguatan dolar AS dapat memberikan angin kencang, sementara peningkatan volatilitas dan harga, dapat membuat beberapa investor keluar dari pasar untuk saat ini.

Namun, karena ketidakpastian di pasar keuangan diperkirakan hanya akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang, harga emas diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam jangka menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.