4 Cara Memulai Investasi Jangka Panjang

By | 14/09/2022

Cararesep.com – Berikut adalah 4 Cara Memulai Investasi Jangka Panjang yang harus kamu ketahui jika kamu yang ingin memulai investasi jangka panjang.

Orang Indonesia akrab dengan berbagai jenis investasi jangka panjang. Investasi dalam saham, emas, properti, asuransi, reksa dana dan obligasi adalah varian dari investasi ini. Namun, istilah-istilah ini masih sering membingungkan bagi investor pemula.

Padahal, kita harus sangat berhati-hati untuk menghindari risiko besar saat berinvestasi. Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis investasi jangka panjang:

Baca juga : Ketahui! Investasi Yang Berpotensi Menguntungkan Untuk Anda

1. Obligasi adalah contoh investasi jangka panjang

Surat utang ini mencantumkan nama peminjam dengan tanggal jatuh tempo pinjaman beserta bunga yang menjadi kewajiban peminjam, dengan jangka waktu investasi 1 hingga 10 tahun.

Investasi jangka panjang model ini mengharuskan peminjam untuk menyajikan surat utang kepada pemberi pinjaman.

2. Reksa dana

Investasi dalam reksa dana adalah sekuritas yang merupakan bukti aset atau klaim kepemilikan aset. Jenis investasi ini bisa fleksibel dengan memilih untuk berinvestasi di pasar uang, saham atau obligasi juga.

Reksa dana akan sesuai dengan investor pemula yang kegiatan investasinya dapat diwakili oleh manajer investasi dengan pengalaman di bidangnya.

3. Properti

Properti dalam bentuk tanah atau bangunan tidak diragukan lagi merupakan bentuk investasi jangka panjang yang umum dikenal.

Ini karena peningkatan nilai properti bertambah secara signifikan dari waktu ke waktu. Setiap tahun, dapat dikatakan, harga properti investasi meningkat sebesar 20%.

4. Emas

Untuk waktu yang lama, berinvestasi dalam emas adalah pilihan investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Nilainya meningkat dari waktu ke waktu, dengan nilai jual yang tinggi dan sifatnya yang mudah dioperasikan bagi siapa saja yang membutuhkan dana dalam waktu singkat.

Keuntungan lain adalah bahwa jenis investasi dalam bentuk emas tidak begitu terpengaruh oleh inflasi.

Selain membeli dan menyimpannya di rumah, banyak pihak telah mengembangkan inovasi untuk menawarkan kepemilikan emas secara lebih efisien.

Strategi untuk menempatkan emas sebagai investasi jangka panjang

4 Cara Memulai Investasi Jangka Panjang

Emas umumnya digunakan sebagai instrumen dengan kemampuan untuk lindung nilai nilai uang dari inflasi mata uang di seluruh dunia (hedging).

Secara umum, strategi terbaik untuk berinvestasi dalam emas adalah membeli sejumlah emas secara teratur (teknik berkebun emas).

Emas juga dapat disimpan sendiri di rumah atau dengan mempercayakannya kepada pihak ketiga. Saat meminta bantuan dari pihak ketiga, Kami harus memastikan bahwa perantara ini dapat berhubungan langsung dengan kami untuk meminimalkan risiko.

Perhatikan juga beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi kondisi harga emas batangan. Tiga dari mereka, 1) nilai tukar dolar terus meningkat tajam, 2) nilai inflasi sangat tinggi, dan 3) peristiwa darurat, seperti kerusuhan di seluruh negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.