5 Manfaat Daun Salam Yang Wajib Diketahui

By | 30/04/2022

Cararesep.com – Hallo sobat cararesep bertemu lagi bersama admin yang kini akan memberikan informasi mengenai 5 Manfaat Daun Salam Yang Wajib Diketahui.

Daun salam populer dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Perlu Anda tahu, daun salam memiliki efek samping bila dikonsumsi secara tidak tepat dan berlebihan. 

Daun salam memiliki peran penting dalam membuat masakan yakni sebagai bumbu penyedap masakan. 

Baca juga :

Manfaat daun salam untuk kesehatan

5 Manfaat Daun Salam Yang Wajib Diketahui

Daun salam dimanfaatkan dalam pengobatan herbal sudah sejak dahulu kala. Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikan bila daun salam memang efektif menyembuhkan sejumlah penyakit.  Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan. 

1. Asam urat 

Sudah bukan rahasia bila daun salam merupakan obat herbal asam urat. Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat. 

Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dwieka Agustin dari Departemen Kimia, Fakultas MIPA, IPB tahun 2008. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun salam dapat menghambat aktivitas xantin oksidase (penyebab asam urat naik).

2. Stroke 

Melansir buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Yusuf CK Arianto, daun salam bermanfaat untuk mengobati stroke. 

Anda cukup memasak 50 gram jantung pisang dan 10 lembar daun salam. Anda makan jantung pisang yang dimasak dengan daun salam secara rutin. 

3. Darah tinggi dan kolesterol 

Anda penderita tekanan darah tinggi? Daun salam bisa jadi obatnya.  Mengutip dari buku berjudul The Miracle og Herbs karya dr.Prapti Utami, Desty Ervina Puspaningtyas S.Gz, daun salam kaya akan flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Tidak hanya itu, daun salam mengandung senyawa Quercetin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

4. Diabetes 

Kandungan flavonoid di dalam daun salam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.  Daun salam bisa jadi obat herbal untuk para penderita diabetes melitus alias kencing manis.

Cara meraciknya mudah, Anda rebus daun salam segar atau yang sudah dikeringkan.  Anda minum air rebusan daun salam secara teratur saban harinya. 

5. Radang lambung 

Daun salam juga efektif meredakan radang lambung. Untuk merasakan manfaatnya Anda rebus 30 gram daun alam, 30 gram daun sambiloto kering, gula batu, dengan 600 ml air. 

Anda masak semua bahan sampai menyisahkan air setengahnya. Setelah dingin, Anda minum obat herbal tersebut dua kali sehari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.