7 Manfaat Madu Manuka Untuk Kesehatan Tubuh

By | 27/07/2022

Cararesep.com7 Manfaat Madu Manuka Untuk Kesehatan Tubuh. Madu sangat dicintai oleh orang – orang dan dapat digunakan untuk berbagai hal.

Itu bisa dari sebagai bahan memasak, obat untuk untuk perawatan penggunaan luar. Madu Manuka adalah salah satu jenis madu yang diperoleh lebah yang mengkonsumsi bubuk.

Bunga manuka atau nektar, berbeda dengan madu biasa yang dihasilkan dari lebah yang mengkonsumsi berbagai macam nektar tanaman.

Namun, apakah perbedaan antara madu manuka dan madu biasa begitu signifikan? Yuk Ketahui Manfaat Madu manuka di sini!

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

7 Manfaat Madu Manuka

1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Madu Manuka dapat membantu mengatasi masalah pencernaan karena mengandung antibiotik. Salah satu masalah pencernaan yang dapat diobati oleh madu manuka adalah pertumbuhan bakteri usus kecil

(SIBO) yang juga terkait dengan peningkatan asam lambung. Mengkonsumsi Madu manuka dapat melawan Clostridium, bakteri yang ada dalam asam lambung.

2. Anti-Virus

Madu Manuka bersifat antivirus dan telah digunakan sebagai antibiotik selama berabad-abad. Berdasarkan hasil penelitian, hidrogen peroksida yang dihasilkan oleh enzim lebah yang membuat madu dapat membunuh kuman.

Namun, madu manuka tidak hanya membunuh kuman, tetapi juga dapat menyembuhkan luka ringan dan kronis akibat zat MGO.

3. Adalah Antibakteri

Diketahui bahwa ada puluhan jenis bakteri yang rentan terhadap madu manuka. Tidak hanya itu, para peneliti juga tertarik bahwa madu manuka

tampaknya menyerang infeksi pembentuk biofilm di mana setelah infeksi telah membentuk biofilm, diperkirakan bahwa infeksi tidak dapat diobati.

4. Bisa Menjadi Obat Sakit Tenggorokan

Selama ini madu juga banyak digunakan sebagai obat tradisional. Madu Manuka banyak digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dengan membantu meredakannya.

Ini karena madu manuka memiliki sifat antivirus dan antibakteri sehingga dapat membantu peradangan yang terjadi dan menyerang bakteri yang menyebabkan rasa sakit.

5. Mencegah Mulas

Seperti yang sudah diketahui bahwa madu manuka memiliki sifat antibakteri yang kemudian dapat membantu mencegah penyakit seperti sakit maag yang disebabkan oleh H. pylori, bakteri umum yang umumnya menyebabkan gastritis atau sakit maag.

6. Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Banyak produk perawatan kulit Mengandung Madu, hal ini karena madu dapat membantu masalah kulit. Ini juga berlaku untuk madu manuka yang dapat membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

7. Meringankan Luka

Madu Manuka bersifat asam dengan kandungan pH 3,2 – 4,5 dan sifat asam yang dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka. Keasaman seperti itu dapat memblokir enzim yang dapat memecah protein dan peptida. Keduanya dibutuhkan oleh tubuh untuk perbaikan diri.

Tidak hanya itu, gula yang tinggi dalam madu juga dapat membantu melindungi luka dan kadar airnya yang rendah juga dapat menarik cairan dari luka dan mempercepat proses penyembuhan. Kandungan air juga menarik air dari menyerang sel-sel bakteri, membunuh bakteri karena bakteri membutuhkan air untuk tetap hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *