8 Manfaat Timun Suri Untuk Ibu Hami dan Cara menikmati timun saat hamil

By | 17/06/2022

Cararesep.comHallo bumil bertemu lagi bersama admin yang kini akan memberikan informasi mengenai 8 Manfaat Timun Suri Untuk Ibu Hami dan Cara menikmati timun saat hamil yang wajib diketahui.

Jika sekarang kamu sedang hamil tua atau hamil muda, maka kamu harus mengetahui ternyata timun suri memiliki manfaat yang wajib semua ibu hamul ketahui.

Maka dari itu yuk simak terus ulasan ini sampai akhir, agar kamu tidak ketinggalan manfaat seperti apa sih timun suri untuk ibu hamil.

Dalam 300 gram mentimun mengandung:

Kandungan nutrisi timun untuk ibu hamil :

  1. Kalori: 45
  2. Total lemak: 0 gram
  3. Karbohidrat: 11 gram
  4. Protein: 2 gram
  5. Serat: 2 gram
  6. Vitamin C: 14% dari rekomendasi asupan harian
  7. Vitamin K: 62% dari rekomendasi asupan harian
  8. Magnesium: 10% dari rekomendasi asupan harian
  9. Kalium: 13% dari rekomendasi asupan harian
  10. Mangan: 12% dari rekomendasi asupan harian

Bolehkah ibu hamil makan timun?

8 Manfaat Timun Suri Untuk Ibu Hami dan Cara menikmati timun saat hamil

Ibu hamil boleh makan timun, asalkan dalam jumlah yang sedikit dan tidak berlebihan. Timun untuk ibu hamil memang umumnya tidak terlalu direkomendasikan, karena dapat menyebabkan sejumlah risiko alergi dan beberapa efek samping lainnya.

Ibu hamil dengan masalah medis ini mungkin akan dilarang untuk mengonsumsi timun saat hamil:

  • Kolitis
  • Nefritis kronis, yakni peradangan pada unit fungsional ginjal
  • Gastritis
  • Penyakit asam lambung
  • Hepatitis
  • Pielonefritis atau infeksi pada ginjal

Manfaat timun untuk ibu hamil

Mengalami kenaikan berat badan adalah hal yang tak terelakkan bagi ibu hamil. Namun setidaknya, makan timun untuk ibu hamil tidak akan menambah parah pertambahan bobot selama masa kehamilan karena setengah porsi timun hanya mengandung 8 kalori.

Di luar itu, berikut manfaat mentimun untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

1. Mencegah dehidrasi

Dikutip dari penelitian, Kandungan air pada timun mencapai 96%. Selain itu, air pada timun juga mengandung elektrolit sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi.

2. Menguatkan tulang

Timun mengandung vitamin K yang berguna untuk menguatkan dan menyehatkan tulang. Timun juga mengandung vitamin B, zat besi, asam folat, dan magnesium yang juga berguna untuk mendukung perkembangan janin.

3. Mencegah pembengkakan

Ketika dikonsumsi di trimester pertama, timun untuk ibu hamil dapat menjaga elastisitas kulit. Sedangkan bila dimakan saat trimester tiga, timun juga dipercaya dapat mencegah bengkak pada kaki maupun tangan ibu hamil.

4. Menormalkan kadar gula darah

Bagi Anda yang berisiko atau tengah mengalami diabetes gestasional, konsumsi timun untuk ibu hamil sangat baik karena dapat menyeimbangkan kadar gula darah.

5. Mencegah konstipasi

Selain kaya akan air, timun juga mengandung serat yang bermanfaat untuk pencernaan ibu hamil. Konsumsi timun untuk ibu hamil dipercaya dapat mencegah konstipasi sehingga menurunkan risiko Anda terkena wasir selama hamil.

6. Memperbaiki mood dan imunitas

Vitamin B pada timun diyakini dapat memperbaiki suasana hati. Dengan suasana hati yang kondusif, imunitas juga akan meningkat. Hal ini juga didukung dengan kandungan antioksidan dalam timun.

7. Mendukung perkembangan janin yang sehat

Manfaat timun untuk ibu hamil juga dirasakan oleh janin. Timun juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3, asal folat, zinc, potasium, magnesium, hingga zat besi yang dapat mendukung perkembangan janin.

8. Diuretik alami

Air dalam timun dapat bertindak sebagai diuretik yang merangsang pembuangan kelebihan cairan di dalam tubuh. Air dalam timun juga membantu penyingkiran toksin yang dikeluarkan melalui urine, sekaligus mengatasi pembengkakan pada ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published.