Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

By | 04/06/2022

Cararesep.comApa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya -Bitcoin kerap dianggap sebagai sebuah instrumen investasi baru yang potensial dalam memaksimalkan keuntungan.

Nama Bitcoin sendiri sudah terdengar cukup lama dengan antusiasme pegiat investasi pada salah satu jenis cryptocurrency ini.

Keuntungan yang ditawarkan begitu menggiurkan karena peningkatan valuasinya dari waktu ke waktu sangat luar biasa.

Di Indonesia sendiri sudah banyak basis penggunaannya bahkan beberapa perusahaan berdiri khusus untuk menjadi platform jual beli Bitcoin.

Apa Itu Bitcoin ?

Bitcoin merupakan sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.

Baca Juga :

Bitcoin menggunakan sistem peer to peer atau P2P. Namun, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keungan Amerika Serikat.

Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node dari jaringan P2P.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin ?

Sebagai pengguna baru, hal pertama ialah dengan meng-instal wallet Bitcoin di komputer atau ponsel.

Langkah ini secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama, Sama seperti email kalian bisa saling berbagi alamat Bitcoin kepada orang lain.

Sehingga mereka bisa membayar atau sebaliknya. Namun, alamat Bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

Rantai-blok atau blockhain merupakan sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoi bersandar.

Semua transaksi yang sudah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Dengan demikian, wallet Bitcoin bisa menghitung sisa uang yang bisa dibelanjakan.

Private keys, sebuah transaksi nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yang disebut kunci pribadi.

Penutup

Demikian ulasan yang dapat admin sampaikan mengenai Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *