Benarkah? Rencana Aplikasi Pedulilindungi Akan Menjadi Aplikasi Kesehatan Umum?

By | 21/07/2022

Cararesep.comBenarkah? Rencana Aplikasi Pedulilindungi Akan Menjadi Aplikasi Kesehatan Umum? Aplikasi Pedrilindung yang dirilis pada tahun 2020 adalah aplikasi kesehatan yang harus dimiliki.

Dari tahun 2020 hingga sekarang, pengguna aplikasi Pedrilindung telah meningkat menjadi aplikasi ketiga dengan pengguna terbanyak setelah Shopee dan Tokopedia.

Menurut Kementerian Kesehatan, ada 97 juta pengguna aplikasi Pedrilindung dengan 60 juta pengguna aktif setiap bulan.

Aplikasi Pedulilindung telah menjadi alat yang sangat diperlukan untuk perlindungan publik dan sebagai kontrol atas penyebaran Covid-19.

Namun, dengan penurunan kasus Covid-19, apa yang akan terjadi pada aplikasi Pedulilindung? Menurut Kementerian Kesehatan, meski kasus Covid-19 sudah menurun dan bahkan saat pandemi usai, aplikasi Pedrilindung akan terus digunakan.

Baca juga : Hati-Hati! Ini Dia 8 Penyebab Haid Yang Tidak Lancar

Aplikasi Careprotect

Pedrilindung diluncurkan pada tahun 2020 sebagai aplikasi kesehatan yang berfokus pada pengembangan pandemi Covid–19. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pelacakan (tracking), tracing (tracing) dan fencing (kurungan) untuk pengawasan kesehatan.

Fitur track and trace akan membantu memantau pergerakan pasien yang positif Covid–19 atau melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 selama 14 hari terakhir. Fitur pagar digunakan untuk membantu memantau pergerakan pasien positif Covid-19 dan karantina mandiri.

Selain melacak pergerakan masyarakat, aplikasi Pedulilindung juga dikembangkan untuk berbagai jenis informasi, seperti informasi tentang vaksinasi Covid-19, tempat yang menyediakan vaksin dan jenis vaksin yang disediakan.

Baca juga : Bagaimana Cara Memasak Sayuran yang Benar?

Mencari tempat tidur di rumah sakit, memberikan informasi tentang laboratorium yang menyediakan tes PCR, antigen dan daftar fasilitas kesehatan. Ini memberikan informasi tentang Peraturan perjalanan, telemedicine dan Kartu Kesehatan Elektronik (e-HAC).

PeduliLindungi paling banyak digunakan untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat umum, seperti saat pergi ke mall atau coffee shop untuk check-in dengan memindai barcode melalui aplikasi Pedulilindung dan memeriksa suhu di pintu masuk.

Perubahan yang harus dilakukan pada aplikasi Pedrilindung

Dengan penurunan kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan bertekad untuk memperluas fungsi aplikasi Pedulilindung dan mengubah fungsinya menjadi aplikasi kesehatan masyarakat atau aplikasi kesehatan warga (CHA). Tidak hanya sebagai aplikasi yang mencakup status vaksinasi dan hasil tes Covid-19, semakin banyak fitur yang akan ditambahkan ke aplikasi PeduliLindungi di masa mendatang.

Budi Gunadi Sadikin, selaku Menteri Kesehatan, mengatakan seperti halnya sertifikat Covid-19, semua sertifikat vaksin akan dimasukkan secara elektronik dalam aplikasi Pedrilindung.

“Dengan adanya BIAN (bulan Imunisasi Anak Nasional) kita akan memasukan seluruh sertifikat vaksin secara elektronik di Pedulilindung.

Kalau 5 tahun lagi, 10 tahun lagi atau 15 tahun lagi khawatir mau ke luar negeri, tunjukkan saja barcode-Mu seperti yang kami tunjukkan di Pedrilindung,” kata Budi dalam Rapat Kerja Bersama Komisi IX DPR RI, Senin (5/30).

Baca juga : Real Fottbal Mod Apk 22 Game Offline Untuk Android

Selain vaksinasi, fitur yang juga akan ditambahkan ke PeduliLindungi adalah memasukkan hasil tes kesehatan umum di laboratorium yang dilakukan oleh pengguna, dan ini dapat memudahkan akses data hasil tes kesehatan selama perawatan.

Oleh karena itu, jika Anda berada di luar kota dan harus berobat, Anda tidak perlu membawa data kesehatan, cukup membawa handphone yang sudah Pedulindung untuk diarahkan ke dokter. Tidak diragukan lagi, semua data pribadi akan dilindungi dengan standar keamanan data kesehatan, serta Peraturan Perlindungan data dan privasi.

Intinya akan ada perubahan besar dari Aplikasi Pedulilindung yang kini masih fokus pada pandemi Covid-19 menjadi aplikasi kesehatan umum. Ini akan memudahkan untuk mengakses data pribadi dan membuatnya lebih mudah ketika Anda bepergian nanti. Maksimalkan perlindungan kesehatan dengan Asuransi kesehatan Super You dengan harga minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *