Berbagai Macam Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

By | 17/11/2021

Cararesep.com Berbagai Macam Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, tak hanya menjadi bahan penyedep masakan saja. Kunyit atau kunir merupakan rempah yang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Kamu mungkin saja sudah tak asing lagi dengan manfaat kunyit untuk meredakan gangguan pencernaan. Lantas apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu!

Baca juga:

Selain untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, kunyit juga ternyata memiliki manfaat lain yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Mulai dari mengurangi peradangan sampai dengan penawar bisa ular, berikut merupakan manfaat-manfaat yang terkandung dalam kunyit:

1. Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyut merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin yang ada di dalam satu sendok teh kunyit segar yang di parut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin di yakini bisa bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi di dalam tubuh. Kurkumin juga bisa bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

2. Mengobati maag

Kunyit muncul sudah sejak lama dan menjadi populer sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tak ada salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Maag bisa muncul di picu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H.pylori, konsumsi obat anti nyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol dan makanan yang tertentu. Berbagai hat tersebut dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

3. Mengempiskan perut kembung

Membuang gas atau kentut merupakan tanda pencernaan kamu baik0baik saja, namun kalau sudah berlebihan? Tandanya ada yang salah dengan perut kamu.

Kurkumin dapat membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas di dalam perut. Kunyit juga sekaligus membantu lambung untuk menghentikan produksi yang menyebabkan perut kembung.

4. Mengurangi mual

Suatu studi dalam jurnal food tahun 2017 membuktikan bahwa menambahkan lada hitam membantu manfaat rempah kuning ini lebih terasa maksimal. Pasalnya sebenarnya setelah di konsumsi, kandungan kurkumin di dalam kunyit lambat di serap ke dalam aliran darah.

5. Merdakan nyeri haid

Wanita yang ada di Indonesia mungkin sudah sangat akrab dengan jamu kunir asam yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit memiliki manfaat pereda nyeri yang alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perit keram.

Selain hal tersebut, kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, harmon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan.

6. Menurunkan berat badan

Kurkumin kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol hingga gangguan metabolik yang lain akibat berat badan berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.