Bisa Menurunkan Berat Badan! Berikut Beberapa Manfaat Buah Manggis

By | 09/08/2022

Cararesep.comBisa Menurunkan Berat Badan! Berikut Beberapa Manfaat Buah Manggis, buah manggis merupakan buah tropis dari asia yang di temukan di India, Malaysia dan Indonesia.

Jenis buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini mempunyai rasa manis dan asam yang khas, sehingga di sukai dan cukup populer di kalangan masyarakat.

Baca Juga:

Akan tetapi, tidak hanya enak di makan saja, buah manggis juga memiliki segudang manfaat, khasiat, dan kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan kamu.

Apa saja manfaat dari buah manggis?

1. Mengontrol kadar gula darah

Berbagai penelitian tentang buah manggis menemukan fakta bahwa senyawa xanthone dan serat yang ada di dalamnya bisa membantu menjaga kadar gula darah. Salah satunya, yakni studi pada tahun 2018 yang di publikasikan di jurnal Nutrients.

Studi itu menemuka fakta bahwa wanita obesitas yang mengonsumsi 400 mg ekstrak buah manggis setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan. Ada juga resistensi insulin adalah salah satu faktor risiko kadar gula darah yang tinggi hingga diabetes.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat yang paling terkenal dari buah manggis adalah membantu menurunkan berat badan. Studi yang di publikasikan di jurnal of medicinal food pada tahun 2016 menemukan bahwa, tikus yang mengonsumsi ekstrak manggis mengalami penurunan berat badan secara signifikan di bandingka dengan yang tidak mengonsumsinya.

Akan tetapi, penelitian sebelumnya pada manusia juga mengatakan, orang yang mengonsumsi 90-270 ml jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang rendah. Para peneliti meyakini efek anti inflamasi dari senyawa xanthone mampu mengurangi peradangan pada individu yang mengalami kelebihan berat badan, sehingga manfaat ini bisa muncul.

3. Menjaga ksehatan kulit

Tidak hanya melawan penyakit saja, efek antioksidan dan antibakteri pada buah manggis juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini di buktikan melalui sebuah penelitian kecil yang di publikasikan di jurnal of clinical biochemistry anda nutrition.

Penelitian itu menemukan fakta bahwa, seseorang yang mengonsumsi ekstrakbuah manggis 100 mg setiap hari, memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. Dia juga mengalami pengurangan senyawa yang menyebabkan penuaan kulit setelah mengonsumsi ekstrak buah itu.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah manggis mengandung vitamin C dan serat, yang keduanya itu penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin C memiliki sifat antioksidan serta berperan untuk meningkatkan fungsi sel kekebalan, sehingga bis amengurangi risiko penyakit. Sementara serat berperan dalam sistem pencernaan, yang juga merupakan komponen penting dalam kekebalan tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *