13 buah dan sayuran untuk meningkatkan kekebalan dan membantu tubuh melawan virus

By | 30/11/2022

Buah dan Sayuran Untuk Meningkatkan Kekebalan – Daya tahan tubuh yang lemah rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu cara memperkuat pertahanan tubuh adalah dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Ada banyak jenis buah dan sayur untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi dalam situasi saat ini, penyebaran dan tren kenaikan kasus Covid-19 kembali meningkat.

Selain memperbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau segar, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat.

Misalnya, rajin berolahraga agar tetap aktif, begadang, dan menghindari hal-hal yang menyebabkan stres sehingga daya tahan tubuh bisa turun.

Berikut beberapa jenis buah dan sayur yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian Anda.

Buah dan sayur ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan dan memperkuat imunitas tubuh, terutama saat melawan virus.

1. Blueberry

13 buah dan sayuran untuk meningkatkan kekebalan dan membantu tubuh melawan virus

Ilustrasi buah dan sayuran untuk meningkatkan kekebalan.(Unsplash/ACD)

Blueberry mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut hasil penelitian, orang yang meningkatkan asupan flavonoid lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan dan flu.

2. Jeruk

Hampir semua jenis buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Vitamin C tidak bekerja secara langsung dalam melawan virus SARS-CoV-2. Paling tidak, jika suplai antioksidan dalam tubuh tercukupi, kondisi tubuh Anda tidak akan mudah sakit.

3. Kiwi

Buah kiwi secara alami mengandung nutrisi penting seperti asam folat, potasium, vitamin K dan vitamin C.

Terlebih vitamin C pada buah kiwi memiliki fungsi efektif meningkatkan sel darah putih dalam melawan infeksi.

4. Jambu biji

Jambu biji merah kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, A, potasium, serta senyawa antioksidan dan anti inflamasi.

Beragam kandungan tersebut membuat buah tropis ini tak hanya ampuh meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga menangkal radikal bebas, bakteri penyebab penyakit, dan virus.

5. Semangka

Semangka tidak hanya menyegarkan. Buah ini juga kaya akan antioksidan bernama glutathione.

Mengutip WebMD, kandungan glutathione pada semangka berperan dalam meningkatkan sistem imun, sehingga efektif melawan radikal bebas dalam tubuh.

6. Delima

Lebih lanjut tentang buah dan sayur untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, ada buah delima yang mengandung antioksidan tinggi.

Antioksidan ini efektif dalam mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi resistensi insulin, meningkatkan imunitas dan kesuburan.

7. Pepaya

Adalah buah yang tinggi serat dan vitamin C. Pepaya mengandung enzim pencernaan papain, yang memiliki efek antiradang.

Buah berwarna oranye ini mengandung potasium, magnesium, dan asam folat dalam jumlah yang cukup. Semua nutrisi ini bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

8. Lada

Menurut kutipan dari laman Healthline, kandungan vitamin C pada paprika dikatakan tiga kali lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Paprika juga diperkaya dengan betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin C paprika tidak sebatas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun dapat menjaga kekenyalan kulit agar tetap kencang dan sehat.

9. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C dan E, mineral, serat dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus brokoli adalah yang terbaik untuk menjaga nutrisi tetap utuh dan terjaga.

10. Bayam

Sayuran hijau lainnya adalah daun bayam. Laman Medical News Today menyatakan bahwa antioksidan dan karotenoid dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri dan virus.

Bayam harus dimasak sesegera mungkin untuk menghemat nutrisi dan menghabiskannya dengan cepat. Karena bayam tidak disarankan untuk dipanaskan kembali sehingga menyebabkan nutrisinya hilang.

11. Kubis

Sayuran berdaun hijau berikutnya adalah kol. Kubis kaya akan nutrisi, termasuk vitamin A, K, C, B6, mineral dan antioksidan.

Bahkan, sejumlah sumber menyebutkan bahwa kandungan vitamin C daun kangkung dinilai lebih tinggi dibanding sayuran hijau lainnya seperti bayam.

12. Kecambah

Kecambah  adalah sayuran yang berasal dari kacang hijau atau kacang kedelai.

Meski tergolong sayuran murah, tauge mengandung banyak nutrisi penunjang kesehatan seperti vitamin C, protein, asam folat, serat, dan antioksidan yang mendukung sistem imun tubuh.

Berbagai kandungan yang terdapat pada tauge dapat mendukung produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan infeksi.

13. Jamur kancing

Buah dan sayur untuk memperkuat daya tahan tubuh antara lain jamur atau jamur kancing, yang mengandung mineral, selenium, vitamin B, riboflavin, dan niasin.

Terutama riboflavin dan niasin dalam jamur ini berperan aktif dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sumber : CnnIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *