Cara Investasi Bagi Pemula Dengan Langkah Mudah

By | 07/11/2021

Cararesep.com – Hallo sobat jumpa lagi bersama admin yang selalu memberikan informasi menarik dan terbaru. Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas seputar Cara Investasi Bagi Pemula Dengan Langkah Mudah.

Mempunya investasi pribadi di pasar finansial yang saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup produktif di kalangan anak-anak muda atau para pekerja pemula. Pandangan lama bahwa investasi hanya bisa di lakukan oleh berbagai kalangan usia yang sudah matang.

Baca juga:

Maka sudah tidak heran lagi jika ini terlihat daro data demodrafi investor di Indonesia yang semakin banyak dan semakin berkembang yang bertambah sangat pesat. Berdasarkan data yang di miliki oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), tercatat bahwa jumlah investor atau single investor identification (SID) di pasar modal demosik sampai akhir tahun 2020 mencapai sekitar 3,87 juta investpor.

Angka tersebut meningkat 56%di bandingkan dengan posisi akhir tahun 2019. Dari jumlah investor tersebut, hampir separuhnya berusia di bawah 30 tahun sedangkan rentang usia 31 sampai 40 tahun mencapai 25% dari jumlah total investor demosik pada tahun 2020. Dengan kata lain, 70%investor modal di Indonesia adalah anak muda.

Cara Investasi Bagi Pemula Dengan Langkah Mudah

1. Miliki tujuan keuangan yang jelas

Langka pertama yang harus di ambil merupakan mendaftar tujuan keuangan yang ingin di capai melalui investasi. Tujuan keuangan secara sederhana di maknai dengan sebuah kondisi yang ingin di wujudkan terkait target dan finansial tertentu pada priode yang sudah di tentukan.

Dengan memiliki tujuan keuangan, cara investasi yang kamu lakukan dapat lebih terarahkan pasalnya memiliki target dan strategi dan target yang sudah jelas. Tujuan keuangan juga bisa kamu bagi menurut target waktu.

2. Pahami konsep dan risiko investasi

Pada dasarnya asuransi merupakan sebuah mekanisme pengelolaan risiko finansial yang paling mudah. Di setiap hal yang menimbulkan risiko bagi kondisi keuangan seseorang. Sebaiknya memang di asuransikan, pasalnya tidak semua hal yang bisa di asuransikan. Namun setidaknya ada dua jenis asuransi yang cukup penting untuk di miliki yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

3. Buka rekening investasi

Setelah memiliki rencana tujuan keuangan yang jelas lalu pilihlan instrumen investasinya, di saat mengeksekusikan rencana tersebut. Untuk berinvestasi di pasar modal, kamu wajib memiliki rekening investasi, cara membuka rekening investasi sangat mudah.

4. Tentukan instrumen investasi

Setelah memiliki tujuan keuangan yang sudah di kategorikan berdasarkan jangka waktu pencapaian, kemudian kamu bisa memulai menentukan pilihan instrumen investasi yang tepat sesuai dengan time horizon tujuan keunagn dan profil risiko dan efektivitasnya dalam membantu kamu mencapai targetyang sudah di tentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.