Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Benar

By | 11/07/2022

Cararesep.comCara Melamar Kerja Lewat Email Yang Benar. Perkembangan teknologi mempermudah banyak hal, termasuk proses melamar kerja. Dulu, melamar kerja di lakukan dengan mencetak berkas lamaran, menggunakan amplop, kemudian di kirim ke perusahaan yang di tuju menggunakan ekspedisi.

Society for Human Resource Management (SHRM) melakukan survei kepada 1500 perekrut profesional. Hasilnya, 70% perekrut akan terus mempertahankan rekruitasi virtual karena lebih hemat biaya dan waktu .

BACA JUGA;

Sebenarnya, melamar kerja melalui email bukan hal yang baru. Namun, tidak sedikit dari pelamar masih suka bingung dan melakukan kesalahn. Akibatnya, lamaran kerja kamu tidak mendapat respons dari HRD atau bahkan tidak di baca.

Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Benar

1. Siapkan seluruh berkas lamaran kerja yang di butuhkan

Untuk mempermudah proses melamar kerja lewat email, sebaiknya kamu mempersiapkan semua dokumen yang di perlukan. Jangan lupa untuk memperhatikan persyaratan yang tercsntum di iklan lowongan kerja.

Jangan lupa untuk memperbaharui CV, menyimpan portofolio, surat lamaran kerja (cover letter), transkip nilai (jika di minta) san dokumen lainnya.

2. Gunakan bahasa yang sopan dan formal

Saat melamar kerja, pastikan kamu membuat surat lamaran (cover letter) dan body email menggunakan bahasa yang sopan dan baku. Perhatikan tata bahasa, penggunaan tanda baca dan huruf kapital agar HRD mudah memahami isinya.

Selain itu, baca kembali surat lamaran dan body email yang sudah kamu tulis. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau typo, hal tersebut bisa mencerminkan bahwa kamu merupakan pribadi yang profesional dan rapi.

3. Sertakan subject lamaran kerja dengan jelas

Biasanya di iklan lowongan kerja perusahaan akan mencantumkan subject yang bisa di gunakan pelamar saat mengirim email lamaran kerja. Misalnya, nama, posisi yang di lamar. Namun banyak pelamar tidak memperhatikan itu dan mengirim email tanpa subject.

Dari satu lowongan kerja yang di unggah, ada ratusan atau ribuah orang yang melamar. Kebayang tidak, berapa banyak email yang harus di buka mbak dan mas HRD?

Agar lebih mudah, biasanya HRD akan mem-filter email masuk berdasarkan subject. Nah, jika kamu mengirim email tanpa subject atau subjectbya tidak sesuai, maka email lamaranmu tidak akan masuk dapal filter itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *