Efek Samping Bawang Putih dalam Masakan

By | 09/12/2013

Bawang putih biasa dikenal sebagai bumbu penyedap masakan. Saya sendiri kalo masak sayur atau tumis kalo belum menggunakan bawang putih rasanya masih kurang lengkap dan rasanya masih kurang pas. Saya juga sangat suka menggoreng telur dadar dengan mencampurkan bawang putih serta cabai di dalamnya sehingga rasanya benar-benar mantab. Bagaimana dengan dengan anda?

Perlu kita ketahui bahwasannya bawang putih telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit jauh sebelum kita ada yaitu sekitar 3000 tahun. Para ahli kesehatan menyatakan bawang putih memiliki anti-mikroba dan antibiotik jika dikonsumsi. Bawang putih memang obat herbal alami yang sangat aman untuk di konsumsi. Namun disamping bawang putih memiliki banyak manfaat ternyata ada beberapa efek samping yang ditimbulkan ketika terlalu banyak mencampurkan bawang putih mentah ke dalam masakan. Nah berikut ini efek samping terlalu banyak mencampurkan bawang putih mentah ke dalam masakan yang perlu kita ketahui.

1. Antikoagulan

Karena sifat bawang putih yang bisa mengencerkan darah, atau memiliki sifat antikoagulan, maka berhati-hati dalam mengkonsumsi sejumlah besar bawang putih sebelum operasi atau jika Anda sedang mengonsumsi obat lain yang mungkin memiliki sifat antikoagulan. Mengkonsumsi bawah putih dalam jumlah banyak sebelum operasi sangat tidak disarankan karena mampu menyebabkan resiko perdarahan yang berlebihan.

2. Bau Mulut

Kita semua tahu bagaimana makanan dapat mempengaruhi aroma napas kita setelah makan, sehingga kita hanya bisa berharap ketika makan bawang putih mentah aromanya akan cepat hilang. Minum jus bawang putih dan makan bawang putih mentah akan menyebabkan bau mulut yang parah. Untungnya, bau mulut yang tidak sedap akan menghilang setelah anda menghentikan konsumsi bawang putih dan menyikat gigi. Tetapi anda akan tetap mendapati bau badan untuk beberapa jam kedepan karena bawang putih telah meresap kedalam tubuh anda.

efek samping bawang putih

efek samping bawang putih

3. Bau Badan

Bau badan yang tidak sedap adalah efek samping utama ketika kita mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak. Bawang putih akan masuk melalui pencernaan dan benar-benar meresap pada sistem metabolisme tubuh anda, setiap sekresi tubuh akan memiliki bau bawang putih. Bau ini cenderung akan bertahan seminggu atau lebih dan hilang setelah konsumsi bawang putih dihentikan.

4. Reaksi Alergi

Seperti makanan atau bahan herbal lain, efek samping bawang putih juga bisa menimbulkan beberapa reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut mungkin ditandai dengan timbulnya ruam, kulit mengelupas, mual, muntah, sakit kepala, demam dan sesak napas. Dan jika ada pembengkakan pada lidah, mulut atau tenggorokan terjadi, disarankan untuk segera mencari pertolongan dokter anda atau pada seorang profesional medis.

5. Masalah Pencernaan

Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan perut dalam berbagai bentuk setelah makan bawang putih mentah. Efek samping tertentu mungkin termasuk sakit perut, diare, muntah, perut kembung dan gangguan asam lambung.

Nah itulah beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila anda terlalu banyak mencampurkan bawang putih secara berlebihan ke dalam masakan. Semoga setelah membaca tulisan ini bisa menjadi renungan buat kita semua bahwa alangkah baiknya kita menggunakan bumbu secukupnya, se-ideal mungkin tak usah terlalu berlebihan sehingga masakan yang kita masak enak namun tidak mengganggu kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.