Gejala Kanker Rahim Dini, Termasuk Keputihan Abnormal

By | 14/12/2022

Gejala Kanker Rahim Dini merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang wanita. Kenali gejala awal kanker rahim, salah satunya adalah keputihan yang banyak.

Kanker adalah penyakit yang mengancam jiwa.

Ada banyak jenis kanker, namun kanker serviks paling sering terjadi pada wanita.

Kutipan Mayo Clinic: Kanker serviks muncul di sel-sel leher rahim, bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina. Kanker serviks mulai terbentuk ketika sel-sel sehat di dalam rahim mengalami perubahan DNA.

Sel sehat tumbuh dan bereproduksi dengan kecepatan konstan dan akhirnya mati setelah jangka waktu tertentu. Mutasi menyebabkan sel tumbuh dan berkembang biak tak terkendali, dan mereka tidak pernah mati. Sel-sel abnormal berkumpul untuk membentuk massa (tumor).

Sel kanker dapat menyerang jaringan terdekat dan menyebar (bermetastasis) dari tumor ke bagian lain dari tubuh. Penyebab kanker rahim Hingga saat ini, penyebab kanker rahim belum diketahui.

Namun, human papillomavirus (HPV) adalah salah satu penyebab kanker serviks.

Yang perlu Anda ketahui, ada banyak faktor kesehatan  yang dapat meningkatkan risiko kanker rahim: Terlalu banyak pasangan seksual Seks dini Penyakit menular seksual Merokok Kutipan Healthline: Kanker yang ditemukan dini mempercepat proses penyembuhan.

Deteksi dini kanker rahim jarang terjadi. Langkah pertama adalah melakukan screening. Sebagai informasi, kanker rahim stadium awal seringkali tidak menimbulkan gejala.

Ada dua pemeriksaan utama untuk kanker rahim. Yang pertama adalah Pap smear, yang mencari kanker rahim dan perubahan prakanker yang dapat menyebabkan kanker.

Yang kedua adalah tes HPV untuk mencari human papillomavirus (HPV). HPV adalah faktor risiko utama untuk kanker rahim. The American Cancer Society merekomendasikan agar orang yang berusia antara 25 dan 65 tahun melakukan pemeriksaan rutin.

Gejala Awal Kanker Rahim Tahap awal kanker rahim jarang menimbulkan gejala. Namun, penting untuk mengetahui gejala awal kanker rahim, yaitu: Tanda-tanda kanker rahim. Jadi lebih baik ke dokter.

Sumber : Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *