Ide Bisnis Online Yang Cocok Untuk Mahasiswa

By | 07/05/2022

Cararesep.com – Hi sob bertemu lagi bersama admin yang kini akan memberikan informasi mengenai Ide Bisnis Online Yang Cocok Untuk Mahasiswa.

Mendirikan sebuah bisnis bisa dibilang susah-susah gampang. Poin utama yang harus dimiliki adalah memiliki konsep untuk menciptakan kesan serius bagi customer. 

Melalui suatu konsep pula, bisnis yang Anda jalankan bisa jadi lebih terarah dan berjalan baik berdasarkan strategi-strategi yang tengah dikembangkan.

Selain dua manfaat di atas, adanya konsep bisnis juga dapat membantu Anda mengestimasi perkiraan modal usaha serta kredibilitasnya di masa mendatang. Lantas, bagaimanakah konsep bisnis yang tepat dan benar?

Baca juga : Tips Belajar Bisnis Untuk Pemula

Ide Bisnis Online Bagi Mahasiswa

Ide Bisnis Online Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ada banyak sekali bisnis online di luar sana yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Berikut adalah beberapa ide bisnis online untuk mahasiswa:

1. Blogger Atau YouTuber

Siapa sangka profesi YouTuber atau Blogger bisa menjadi lahan bisnis? Ya, Anda hanya perlu membuat tulisan untuk diunggah ke situs Blog, atau membuat video dan diunggah di YouTube. Bukankah itu sangat simpel?

Sebagai seorang Blogger, memang hasilnya tidaklah instan. Anda harus sabar berproses hingga Blog Anda bisa menghasilkan uang, misalnya melalui Google Adsense atau jualan produk pribadi.

Sementara sebagai seorang YouTuber, perlu proses yang lumayan panjang agar pengikut (subscriber) Anda naik.

Saat ini, YouTube sudah menjadi salah satu platform terbesar di dunia dan banyak dimanfaatkan sebagai ladang rezeki oleh para penggunanya.

Menjadi seorang YouTuber itu sama dengan menjadi seorang Blogger; Anda harus membuat konten menarik dan berkualitas, sehingga para viewers akan tertarik untuk menonton atau membaca konten tersebut.

Untuk menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari YouTube, sistemnya pun mirip; Anda perlu menyisipkan iklan yang sudah mendapatkan AdSense Youtube. Dari iklan yang diklik pengunjung itulah Anda akan mendapatkan komisi.

Untuk gajinya sendiri, rata-rata Blogger bisa mendapatkan Rp1,000,000 per bulannya, tergantung visitor dari Blog terkait. 

Sementara untuk YouTuber, rata-rata pemula bisa mengantongi Rp1,300,000,-. Dengan nominal yang tertera, bukankah hasilnya lumayan? Apalagi di masa pandemi seperti ini, malah makin banyak orang yang mencoba peruntungan menjadi YouTuber.

2. Translator

Punya skill berbahasa asing, tetapi tidak dimanfaatkan? Anda justru rugi sekali. Kenapa tidak mencoba menjadi penerjemah saja?

Penerjemah sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu penerjemah lisan (interpereter) dan penerjemah dokumen (menyangkut tulis-menulis).

Ada banyak sektor pekerjaan yang membutuhkan jasa translator, seperti menjadi tour guide (pemandu wisata), penerjemah artikel, jurnal, bahkan subtitle film.

Untuk mengawali karir menjadi penerjemah tidaklah sulit. Cukup ketahui dan pahami istilah-istilah asing dan penulisannya dengan tepat.

Dengan banyaknya persaingan translator di internet, Anda harus berusaha membangun portofolio yang bagus.

3. Programmer

Nah, menjadi seorang Programmer ini sangat cocok untuk mahasiswa yang jago IT. Untuk menjadi seorang Programmer freelance.

Anda tak perlu terlalu ribet dengan bahasa pemrograman yang jumlahnya seabrek; cukup mengetahui dasar-dasarnya saja dan mulai tunjukkan kemampuan Anda.

Berbicara mengenai gaji, seorang Programmer freelance biasa dibayar berdasarkan durasi kerjanya, mulai dari Rp30,000 per jam.

Nah jika dalam sehari Anda menjadi freelance selama 5 jam, Anda sudah bisa menghitungnya sendiri kan berapa totalnya?

Belum lagi dihitung dalam seminggu, bahkan sebulan? Jadi, apa Anda berminat untuk jadi seorang Programmer?

4. Tutor Online

Pekerjaan freelance lainnya untuk mahasiswa adalah menjadi tutor online. Untuk Anda yang ingin berbagi ilmu, bisa lho menjadi tutor online.

Selain bermanfaat untuk orang lain, menjadi tutor juga kian menambah daya ingat Anda terhadap materi yang pernah diajarkan sebelumnya, sehingga ketajaman otak semakin terasah.

Sejak awal pandemi hingga kini, kegiatan belajar mengajar banyak dilakukan secara daring alias Learn From Home (LFH).

Manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan diri Anda sebagai pelengkap Bapak/Ibu Guru dengan menjadi seorang tutor online. 

Anda bisa membuka kursus online atau ikut di lembaga pendidikan tertentu sebagai tenaga pengajar. Pun, banyaknya platform edukasi berbasis digital juga turut mendongkrak kebutuhan akan seorang tutor online. Jadi, jangan ragu dan takut untuk mendaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published.