Jus Semangka, Rendah Kalori & Baik untuk Tulang

jus semangka

Semangka atau tembikai (citrullus lanatus, suku timun atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). (wikipedia)

Buah semangka sangat nikmat dikonsumsi di siang hari, ketika tering matahari atau cuaca panas. Buah ini baik dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Bagi anda yang suka jus, silahkan mencoba untuk membuat jus semangka karena ternyata fakta kesehatan membuktikan bahwasannya jus semangka sangat baik untuk tubuh. Nah berikut ini adalah manfaat-manfaat yang kita peroleh ketika meminum jus semangka.

1. Kandungan Kalori Rendah

Jika anda biasa meminum minuman kemasan, coba deh untuk merubah kebiasaan menjadi hal baru dengan meminum jus semangka tanpa gula. Jus semangka tanpa gula memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Meskipun memiliki kandungan air yang cukup tinggi namun memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang rendah.

jus semangka
jus semangka

2. Baik untuk Penderita Jantung

Riset membuktikan bahwa penderita penyakit jantung akan lebih baik mengkonsumsi jus semangka lebih banyak. Jus se,mangka mampu menyehalkan sistem cardiovascular Anda. Kandungan antioksidan pada semangka yang bernama lycopene, mampu mengurangi peradangan pembuluh darah yang biasanya menyebabkan stroke. Lycopene yang ada ternyata bisa juga mengurangi diabetes dan tekanan darah tinggi sebagai salah satu penyebab serangan jantung.

3. Mengurangi Lelah dan Nyeri Otot

Tahukah anda bahwasannya jus semangka mampu mengurangi rasa nyeri sehabis olahraga? Jus semangka ternyata juga mampu menormalkan detak jantung sehabis anda berolahraga serta mengurangi lelah dan letih pada otot. Sebaiknya sebelum anda berolahraga minumlah jus semangka karena jus tersebut diklaim dapat melancarkan sirkulasi dalam pembuluh darah karena mengandung asam amino L-cittruline. L-cittruline pada semangka, dapat diserap lebih cepat oleh tubuh dibanding L-cittruline yang berasal dari suplemen.

4. Menambah Tenaga (Energi)

Ahli kesehatan merekomendasikan untuk meminum jus semangka di pagi hari untuk meningkatkan energi. Kandungan gula alami dan kadar air tinggi yang terdapat pada buah semangka sangat diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas seharian. Fakta membuktkan bahwasannya meminum segelas jus semangka dapat memenuhi kebutuhan energi Anda.

5. Kandungan Tinggi Vitamin & Mineral

Buah semangka memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Semangka mengandung vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, antioksidan dan nutrisi lainnya. Segelas jus semangka segar baik diminum setelah sarapan karena bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

6. Mengurangi Resiko Kanker

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa semangka bisa mencegah kanker namun para ahli tetap merekomendasikan untuk mengonsumsi semangka sebanyak mungkin karena buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Jus semangka diyakini mampu mencegah beberapa kanker seperti kanker prostat dan usus.

7. Bisa Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada semangka bisa mengurangi resiko terkena penyakit tulang seperti artritis. Oleh karena itu perbanyaklah anda untuk mengkonsumsi buah semangka supaya tubuh senantiasa sehat dan memiliki tulang yang kuat dan bebas dari penyakit.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh ketika mengkonsumsi jus semangka. Jangan lupa, konsumsilah buah setiap hari sebelum atau sesudah makan (tergantung buahnya). Jika sempat raciklah buah tersebut menjadi segelas jus yang segar supaya anak-anak lebih tertarik mengkonsumsinya seperti jus semangka ini.

You May Also Like

About the Author: Cara Resep

Leave a Reply

Your email address will not be published.