Kandungan dan Manfaat Daun Singkong

kandungan dan manfaat daun singkong

Ketela pohon atau biasa dikenal sebagai singkong ternyata memiliki banyak manfaat. Buah singkong bisa dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai macam jenis makanan, batangnya bisa ditanam kembali dengan cara stek, daunnya enak dimasak sebagai sayur, sebagai campuran pecel, urapan, tumis dan bahkan dibuat makanan seperti rolade.

Rumah saya berasa pada daerah pedesaan yang memiliki lahan yang lapang, hampir setiap pekarangan rumah dijumpai yang namanya singkong…Memang tidak selalu diambil buahnya melainkan daun mudanya yang bisa dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Tahukah anda bahwasannya daun singkong muda itu memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja kandungan dan manfaat daun singkong bagi kehatan? Yuk simak seengkapnya di bawah ini!

* KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA DAUN SINGKONG

Perlu diakui bahwasannya tidak semua orang menyukai makan sayuran…Jika tidak menyukai sayuran biasanya mereka juga tidak suka dengan daun singkong muda dengan alasan rasanya yang pahit dan lain sebagainya. Beruntung bagi anda yang menyukai daun singkong karena ternyata daun singkong memiliki banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Penelitian menyebutkan bahwasannya daun singkong memiliki kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita.

kandungan dan manfaat daun singkong
kandungan dan manfaat daun singkong

Di dalam daun singkong memiliki kandungan Protein nabati yang cukup banyak. Zat ini berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

* MANFAAT DAUN SINGKONG BAGI KESEHATAN

Kita sudah tahu bahwasannya daun singkong memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks. Karena kandungan nutrisinya yang cukup kompleks membuat daun singkong ini sangat baik untuk kesehatan. Kesehatan kita bisa ditunjang dengan asupan makanan yang penuh gizi seperti halnya daun ini. Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, daun singkong ini juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang sedang merencanakan program diet dalam upaya menurunkan berat badan. Kandungan serat yang cukup tinggi pada daun singkong sangat bermanfaat bagi mereka yang susah buang air besar (sembelit) karena daun singkong mampu melancarkan saluran pencernaan.

Tahukah anda bahwasannya selain bisa untuk dimasak menjadi berbagai macam masakan, daun singkong juga bermanfaat sebagai obat herbal yang bisa diminum air perasannya. Cara membuat obat herbal dari daun singkong ini yaitu dengan merebus daun singkong ini dan kita ambil airnya untuk dicampurkan dengan air kapur sirih ataupun jahe. Obat herbal yang berasal dari perasan daun singkon ini dipercaya bisa untuk mengatasi masalah penyakit flu, sakit kepala, luka bernanah, diare, gejala rematik dan juga mempertahankan stamina tubuh kita.

Nah itulah beberapa kandungan dan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Mulai dari sekarang alangkah baiknya kita senantiasa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan salah satunya daun singkong muda ini yang memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh. Dengan begitu harapannya tubuh kita akan senantiasa sehat, bugar dan berenergik sehingga bisa melakukan setiap aktivitas dalam kehidupan kita dengan baik dan maksimal.

You May Also Like

About the Author: Cara Resep

Leave a Reply

Your email address will not be published.