Kandungan Gizi Ubi Jalar dan Manfaatnya

By | 09/12/2013

Ubi jalar, sebuah nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebagaimana jenis umbi-umbian lainnya…ubi jalar juga bisa dimanfaatkan untuk dimasak menjadi makanan yang enak dan bergizi untuk tubuh. Hal yang menyebabkan ubi jalar baik untuk tubuh karena ubi jalar memiliki kandungan vitamin dan meneral yang jumlahnya cukup banyak.

Hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwasannya ubi jalar memiliki banyak manfaat kesehatan mulai dari baik untuk sistem pencernaan dan bermanfaat untuk pembentukan tubuh. Oke langsung saja mari kita simak apa saja kandungan gizi yang terdapat di dalam ubi jalar serta manfaatnya bagi kesehatan.

Di dalam arikel yang diterbitkan oleh North Carolina Sweet Potato Commission yang meneliti 58 sayuran ditemukan fakta yang unik bahwasannya ubi jalar merupakan makanan terbaik di dalam daftar tersebut. Ubi jalar merupakan makanan dengan rasa manis yang bebas lemak dan mengandung 769% dari nilai harian Vitamin A dan 65% kebutuhan vitamin C dalam satu porsi (kurang lebih satu cup). Bahkan makanan super ini juga mengandung 4 gram protein per porsinya.

kandungan gizi ubi jalar

kandungan gizi ubi jalar

Hmm…benar-benar diluar dugaan bahwasannya memang benar jika ubi jalar memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Baik anak muda maupun orang tua jika mau mengkonsumsi ubi jalar berarti sama saja mengkonsumsi nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oh ya hampir saja lupa, ternyata Ubi jalar mengandung jumlah tinggi beta karoten, yaitu sebuah antioksidan alami yang mampu membantu tubuh untuk meningkatkan pertahanan yang kuat terhadap radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Ketiga kandungan dalam ubi jalar ini membuat ubi jalar menjadi sebuah alat yang ampuh melawan infeksi.

Ubi jalar mengandung jumlah tinggi magnesium, zink dan vitamin B, kombinasi nutrisi yang telah terbukti meningkatkan penyembuhan arthritis dan meredakan rasa sakit dan pembengkakan. Keuntungan dari ubi jalar untuk penderita arthritis begitu efektif, sehingga saat ini ubi jalar saat ini telah terdaftar sebagai bahan pengobatan arthritis.

Nah yang terakhir bagi mereka yang menginginkan tubuh yang atletis, yang kekar maka bisa memanfaatkan ubi jalar ini sebagai asupan yang tepat. Mengapa demikian? Karena di dalam ubi jalar terdapat vitamin, pati serta serat alami yang kompleks yang berguna untuk meningkatkan kekuatan dan energi. kandungan serat yang tinggi menjadikan ubi jalar mudah untuk dicerna.

Nah itulah kandungan dan manfaat ubi jalar bagi kesehatan…Apabila anda di rumah memiliki tanaman ubi jalar jangan lupa ya untuk memanfaatkannya karena selain ubi jalar mudah ditanam dan murah biaya perawatannya, disamping itu ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.