Kegunaan Tanaman Talas Bagi Kesehatan

kegunaan talas bagi kesehatan

Tanaman talas sering kita manfaatkan untuk hiasan di rumah, meskipun demikian tanaman yang juga sering disebut sebagai lompong ini bisa tumbuh secara liar di pekarangan, semak belukar, tanah kosong dan bahkan di tepian sungai. Banyak yang mengira bahwasannya tanaman talas tidak memiliki manfaat sama sekali kecuali sebagai tanaman hias. Namun bagi orang yang paham akan kesehatan tahu persis apa manfaat tanaman talas.

Dahulu kala ketika orang-orang masih mempercayai guna-guna ilmu gaib tanaman talas dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh santet atau guna-guna. Hingga sekarang manfaat tanaman talas masih dipercaya juga untuk digunakan sebagai ramuan tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman talas banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Di sebagian daerah ada yang memanfaatkan umbi talas sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Kalo di tempat saya umbi talas biasa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan yang biasa diolah dengan cara dikukus maupun digoreng. Apabila dimakan mentah-mentah maka bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan menyebabkan rasa gatal pada mulut.

kegunaan talas bagi kesehatan
kegunaan talas bagi kesehatan

Salah satu professor ilmu kesehatan anak yang bernama Dr. Jerome Glaser di Universitas Rochester, sangat yakin bahwa tumbuhan talas ini merupakan tumbuhan yang potensial guna menyembuhkan tukak alat cerna, asma, eksim, dan juga gangguan bronkial. Tumbuhan talas ini juga dapat membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi jauh lebih nyaman. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat meringankan diare, dan dapat dijadikan untuk obat oles guna mengobati penyakit bisul, luka bakar, dan juga lukan karena gigitan serangga. Umbi talas ini juga baik untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh kita.

Lalu, kandungan gizi yang ada di dalam tanaman talas ini adalah Thiamin, zat besi, riboflavin, fosfor, Vitamin B6 dan C, zinc, niacin, tembaga, potassium, serat, dan juga mangan. Namun demikian perlu diingat bahwa tumbuhan talas ini juga memiliki kandungan asam oksalat, maka dari itu ada baiknya untk menghindari mengkonsumsi umbi ini oleh mereka yang memiliki gangguan ginjal, rematoid arthritis, ataupun gout. Bila tidak, maka penyakit yang kita derita itu akan menjadi jauh lebih parah.

Nah itulah beberapa kegunaan tanaman talas bagi kesehatan. Setelah membaca tulisan ini harapannya kita tidak lagi menganggap talas hanya sebagai tanaman hiasan ataupun tanaman semak belukar namun lebih dari itu kita bisa memanfaatkannya untuk pengobatan.

You May Also Like

About the Author: Cara Resep

Leave a Reply

Your email address will not be published.