Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

Cararesep.comManfaat Air Kelapa Bagi Tubuh, air kelapa sudah di kenal dengan punya banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas saja, air kelapa juga bisa menambah elektrolit dan minerl pada tubuh.

Bahkan, air kelapa memiliki kandungan nutris seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh. Selain hal tersebut, apa lagi khasiat lain yang bisa kamu dapatkan dari minum air kelapa?

Baca juga:

Sebagai minuman, kandungan utama yang ada di dalam air kelapa tersusun atas elektrolit, mineral dan vitamin. Di dalam air kelapa juga terdapat gula, namun kandungan gula itu lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan hingga jus buah.

Bukan hanya itu saja, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa. Di lansir dari fakta gizi yang terdapat pada data komposisi pangan Indonesia, 100 gram (gr) air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

  • Energi: 17 kalori (kal)
  • Protein: 0,2 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fasfor: 8 mg
  • Besi: 0,2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium; 149 mg

Dari komposisi gizi yang di atas itu, terlihat bahwa air kelapa mengandung kalium yang tinggi. Dibandingkan dengan minuman olahraga yang di formulasikan kandungan kalium pada air kelapa lebih tinggi. Jumlah ini bahkan lebih tinggi di bandingkan jika kamu memakan empat buah pisang.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

1. Memperlambat penuaan

Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan di dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel. Hal tersebut dikarnakan oleh kandungan sitokinin pada air kelapa mempunya efek anti penuaan, anti karsinigenik dan anti trombotik (anti pembekuan darah).

2. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Tak di sangka, minum air kelapa bagus untuk kesehatan jantung, karna dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan dara tinggi dan mengurangi risiko serangan jantung hingga stroke.

Hal tersebut di karnakan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah di dalam air kelapa.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa biasanya di gunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih dan gangguan ginjal. Air kelapa berguna di saat kamu terkena diare karna bisa menggantikan cairan yng hilang dari saluran gastrointestinal.

Hal tersebut di karnakan air kelapa memiliki kandungan asam amino, enzim, mineral dan asam lemak sehingga membuatnya punya asmolaritas tinggi.

4. Mencegah penyakit batu ginjal

Minum banyak air sangat baik untuk kesehatan ginjal, jika air putih cukup mendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih bermanfat. Harus kamu ketahui bahwa batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine.

You May Also Like

About the Author: Herlina

Leave a Reply

Your email address will not be published.