Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

By | 15/01/2022

Cararesep.com Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, bawang putih di gunakan sebagai bumbu dapur. Selain di gunakan sebagai bahan dapur, bawang putih punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Di dalam 100 gram bawang putih, terdapat sejumlah kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, sepeti 4 kalori, 1 gram karbohidrat. 0,2 gram protein. 0,1 gram serat, 5,4 miligram kalsium, 0,1 miligram mangan, 0,9 miligram vitamin C, vitamin B6, selenium, oligosakarida dan asam amino.

Baca juga:

Dengan banyaknya kandungan nutrisi, bawang putih sering di pakai untuk mencegah atau menyembuhkan berbagi macam penyakit.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih bisa menjadi salah satu obat bagi para penderita hipertensi bahkan manfaatnya sebanding dengan obat hipertensi genetik. Berdasarkan penelitian dari pakistan journal of pharmaceutical sciences menyebutkan bahwa bawang putih mentah mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dengan efek tifitas yang hampir setara dengan obat atenolol.

2. Menyehatkan jantung

Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Manfaat ini paling efektif pada ekstrak bawang putih yang di keringkan (aged garlic). Ekstrak ini di sebut bisa mengurangi plak lunak dan bisa membendung pembentukan plek baru di arteri.

3. Menurunkan kolestrol

Bawang putih merupakan salah satu sayuran efektif yang mampu mencegah kolestrol yang tingi. Dalam journal of postgraduate medicine melaporkan bahwa, mengonsumsi 1-2 siung kecil bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan bisa menurunkan kadar kolestrol secara drastis.

4. Mencegah kanker

Kandung di dalam bawang putih yang mampu mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker, yaitu sulfur aktif, yang bisa di dapatkan dari bawang putih mentah. Selain hal itu, bawang putih mengandung senyawa allicin yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antikanker.

5. Menjaga kesehatan otak

Sekelompok tim peneliti dari unversitas missourl mengatakan bahwa kandungan Fruarg (turunan karbohidrat dalam bawang putih) pada bawang putih mampu melindungi otak dari efek penuaan dan penyakit yang lain.

6. Menjaga kesehan saluran pencernaan

Dalam suatu studi menemukan jika bawang putih ampuh mengurangi infeksi bakteri H.pylori di dalam lambung sehingga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan flavonoid pada bawang putih berpotensi meningkatkan kesehatan tulang. Ekstrak bawang putih yang di keringkan pada perempuan menopause menunjukn adanya penurunan defisiensi estrogen yang bisa menyebabkan osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.