Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan

By | 08/12/2013

Kentang adalah salah satu bahan masakan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena selain harganya murah juga cukup enak serta fleksibel dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Perlu diketahui bahwasannya kentang adalah jenis tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan dan sudah dibudidayakan oleh para penduduk di sana sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini adalah herba, alias tanaman pendek dan tidak memiliki kayu, semusim dan sangat suka dengan iklim yang sejuk.

Ada banyak masakan yang bisa diracik dari bahan utama kentang. Mungkin ibu-ibu punya cerita sendiri yang cukup menarik seputar masakan yang berasal dari bahan kentang. Beruntung jika anda adalah salah satu orang yang menyukai masakan dari kentang karena ternyata kentang juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Nah, apa saja manfaat dan khasiat kentang untuk tubuh? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mengatasi pikiran stress

Tahukah anda bahwa sebenarnya kentang memiliki banyak kandungan vitamin B6, zat yang cukup berperan dalam pembaharuan sel otak yang berhubungan dengan stress. Kandungan kentang membantu hormon adrenalin merespon stres serta membuat pikiran kita menjadi fresh dan tenang kembali.

manfaat kentang untuk kesehatan

manfaat kentang untuk kesehatan

2. Kaya akan Serat

Salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan serat yang cukup banyak kentang, maka dari itu kentang ini cukup direkomendasikan bagi mereka yang kurus serta yang  ingin menambah berat badan tanpa membuatnya menjadi gemuk. Selain itu kentang juga bisa dimanfaatkan untuk pengukur kalori yang akan anda buang ketika kita sedang melakukan program diet untuk tubuh.

3. Memerangi berbagai penyakit

Kandungan kentang yang memiliki banyak serat menjadikannya sangat ramah dengan sistem pencernaan sehingga mampu mencegah berbagai masalah pada alat pencernaan. Selain itu tahukah anda bahwasannya kentang juga mampu mengurangi resiko terkena kanker.

4. Berkhasiat merawat kulit

Ingin wajah tampil cantik, perbanyaklah mengkonsumsi kentang karena di dalamnya banyak mengandung vitamin C. Cara lain selain dimakan juga bisa dengan menggosok-gosokkan jus kentang atau menggunakannya sebagai masker wajah sehingga wajah Anda akan semakin cantik dan bersinar. Jika irisan kentang ditempelkan pada kamata selama kurang lebih 30 menit dapat berkhasiat menghilangkan pembengkakan dan lingkaran gelap di bawah mata.

5. Cukup baik untuk penderita diabetes

Kadar gula darah sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Nah kadar gula darah bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi kentang karena berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan tidak menimbulkan efek samping terhadap penderita diabetes.

6. Mengatasi peradangan

Jika anda sedang mengalami peradangan baik di sistem pencernaan ataupun bagian luar tubuh, ambillah kentang untuk dimanfaatkan. Tekstur yang halus dan lembut pada kentang  bisa dengan mudah dicerna dan dapat mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Kentang juga mampu mengurangi peradangan bagian luar dengan cara menggosoknya ke bagian yang mengalami peradangan. Penderita bisul di mulut juga sangat baik mengkonsumsi kentang.

7. Baik untuk menutrisi otak

Kandungan zat besi dan zink yang terdapat pada kentang sangat baik untuk otak sebagai sentral pemikiran untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

8. Mengatasi luka memar

Tahukah anda bahwasannya jus kentang bisa membantu proses pengobatan luka memar, luka bakar, keseleo dan bisul sehingga bisa menjadi cepat sembuh. Selain itu juga kentang membantu mengatasi masalah kulit dan mampu melawan kanker prostat dan rahim dan melawan pembentukan kristal atau tumor.

9. Bisa mengurangi penyakit batu ginjal

Kadar asam urat dalam darah meningkat adalah penyebab penyakit batu ginjal. Jika ditemukan keadaan seperti itu biasanya dokter menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengadung kalsium tinggi dan  kadar zat besi. Nah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan zat-zat tersebut adalah kentang.

Nah itulah manfaat dan khasiat kentang untuk kesehatan. Semoga setelah kita tahu semua manfaatnya kita akan lebih bijak dalam mengkonsumsi kentang yang notabene memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Bagi anda yang belum suka dengan masakan dari kentang cobalah mulai dari sekarang untuk mencoba mengkonsumsinya meskipun sedikit-demi sedikit nanti lama-lama terbiasa…Toh semuanya demi kesehatan tubuh kita supaya hidup kita lebih berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.