Manfaat Daun Binahong Untuk Tubuh

By | 08/06/2022

Cararesep.com – Daun binahong merupakan obat tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ataupun kecantikan. Berikut beberapa manfaat daun binahong untuk tubuh.

Tanaman herbal ini berasal dari China, menurut penelitian binahong bisa di gunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti luka, diabetes, asam urat dan yang lainnya.

Baca Juga:

Di kutip dari Klikdokter.com di sebutkan bahwa daun herbal ini memiliki kandungan yang penting seperti beta karoten, vitamin E, flavonoid, riboflavin, asam folat kalsium, zat besi dan protein.

Manfaat Daun Binahong Untuk Tubuh

Kandungan senyawaaktif yang ada di dalam daun binahong membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan luka bakar

Binahong memberikan manfaat dalam pengobatan luka bakar. Manfaat daun binahong untuk luka ini karena di dalamnya ada kandungan aktif seperti flavonoid, tanin dan saponin.

Senyawa saponon yang ada di daun binahong inilah yang berperan sebagai antiseptik sehingga bisa mencegah adanya infeksi pada luka. Senyawa tersebut juga bisa mempercepat terbentuknya kolagen pada kulit.

Selain saponin, flavonoid juga turut mengambil peran dalam penyembuhan luka bakar. Senyawa itu memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan. Sedangkan tanin, bermanfaat untuk mengecilkan pro-pori pada kulit yang mengalami luka, menghentikan produksi nanah, serta menghentikan pendarahan ringan.

2. Mencegah risiko diabetes

Penyakit diabetes muncul jika kadar gula di dalam darah meningkat melebihi batas normal. Penyakit ini sangat berisiko sebab bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Untuk mencegah diabetes bisa di lakukan dengan menjaga pola hidup sehat

3. Obat maag

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun binahong pada tikus di ketahui memberikan efek perlindungan pada lesi mukosa lambung.

Binahong juga di ketahui bisa membersihkan radikan bebas yang cukup signifikat sehingga melindungi mukosa. Walaupun begitu manfaat daun binahong untuk pengobatan maag masih terbatas pada penelitian di tikus.

4. Menjaga fungsi ginjal

Manfaat ini di ketahui setelah di lakukan beberapa penelitian dengan pemberian ekstrak daun binahong kepada penderita gagal ginjal. Daun binahong ini ternyata bermanfaat dalam meningkatkan fungsi ginjal terutama pada penderita gafal ginjal kronis.

5. Mengobati gatal-gatal

Manfaat daun binahong untuk gatal karena daun ini memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang bersifat anti jamur. Jamur merupakan salah satu penyebab iritasi pada kulit. Dengan demikian, daun binahong bisa di gunakan untuk mengatasi gatal-gatal di kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *