Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

By | 24/05/2022

Cararesep.com – Sama seperti buahnya, daun jambu biji ini juga bisa memberikan beragam manfaat. Manfaat daun jambu biji ini berasal dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya yang di ketahui baik untuk kesehatan tubuh dan mampu mengatasi berbagai penyakit.

Buah jambu buji di kenal sebagai salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Tapi siapa sangka daunnya juga bisa memberikan manfaat yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh.

Baca Juga:

Daun jambu biji memiliki manfaat sebagai antiradang, antioksidan, antimikroba, antikanker dan antidiabetik yang penting untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini di dukung oleh berbagai kandungan senyawa alami di dalamya, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, saponin, antosianin, karotenoid, minyak atsiri dan fenol.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Ekstrak atau teh herbal daun jambu biji sejak lama di gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, termasuk diare, sembelit, perut kembung dan nyeri lambung.

Manfaat daun jambu biji itu di dukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun jambu ini memiliki aktivitas antidiare dan antimikroba yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

2. Meringankan nyeri menstruasi

Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji bisa mengurangi geja;a nyeri menstruasi, contohnya kram perut. Manfaatnya ini bahkan di nilai sama efektifnya dengan obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen.

3. Menurunkan kadar gula darah

Daun jambu biji juga bisa di manfaatkan untuk menurunkan kada gula darah, baik untuk penderita diabetes maupun orang yang berisiko mengalami diabetes. Beberapa penelitian menyetakan bahwa mengonsumsi teh daun jambu biji setelah makan bisa menekan lonjakan kadr gula darah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Selain mencegah dan mengatasi diabetes, kandungan dalam ekstrak daun jambu biji juga memiliki efek menurunkan tekanan darah dan kolestrol jahat serta meningkatkan kolestrol baik.

Gabungan efek penurun tekanan darah dan kolestrol ini sangat baik untuk mencegah penyakit janting, misalnya gagal jantung atau serangan jantung.

5. Menghemat pertumbuhan sel kanker

Daun jambu biji mengandung zat yang bersifat antikanker, beberapa riset menunjukan bahwa ekstrak daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, leukimia dan melanoma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *