Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

By | 24/04/2022

Cararesep.comManfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, jeruk nipis biasanya di jadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto dan mie kocok.

Bahkan aroma dan rasanya yang kecut serta segar menjadikan air perasan jeruk nipis sering di jadikan penghilang bau amis pada ikan sebelum di olah.

BACA JUGA:

Namun di samping itu semua, belum banyak orang yang mengetahui kalau jeruk nipis menyimpan segudang manfaat baik untuk tubuh.

Mengenal lebih dalam mengenai jeruk nipis

jeruk memiliki banyak jenis, salah satunya jeruk nipis. Berbeda dengan jeruk yang bisanya di jadikan makanan pencuci mulut, jeruk nipis tidak di makan dengan cara seperti itu.

Jeruk ini lebih sering di campurkan pada makanan agar lebih sedap atau di buat jadi minuman segar dari pada di makan langsung. Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini ternyata memiliki banyak nama cantik di berbagai daerah di Tanah air.

Sayangnya, banyak orang yang masih dalah menyebut jeruk nipis dengan jeruk limau maupun lemon. Padahal, jeruk limau dan lemon merupakan jenis jeruk yang berbeda dari jeruk nipis.

Berbagai manfaat jeruk nipis bagi tubuh

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, air merupakan zat yang penting bagi tubuh. Sekitar 70 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain bertugas untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, air juga berfungsi untuk membuang zat racun yang mengendap di dalam tubuh sekaligus mendukung tersedianya energi untuk beraktivitas.

Sayangnya, tidak semua orang suka minum air putih biasanya dalam jumlah banyak karena di nilai tidak berasa. Sebagai gantinya, mereka lebih memilih minum minuman yang berasa seperti jus, teh, atau susu.

1. Meremajakan kulit

Beberapa produk perawatan kulit mungkin menyatakan bahwa produk mereka bida menyehatkan dan membuat wajah lebih muda. Namun, kamu sebenarnya tidka usah menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki penampilan kulit.

Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan alami andalan untuk merawat kecantikan kulit. Karena, jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang bisa memperkuat kolagen. Itu sebabnya, manfaat minum air jeruk nipis bisa membantu menghidrasi dan meremajakan kulit kamu.

2. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis bisa merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika kamu mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis bisa merangsang pergerakan usus kamu. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis bisa memperkuat sistem imjun tubuh kamu dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membantu mikroba penyeban penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu kamu saat sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *