Manfaat Jus Tomat Untuk Tubuh

By | 22/08/2022

Cararesep.comManfaat Jus Tomat Untuk Tubuh, Keberadaan tomat dalam rak bumbu dan dapur ternyata tidak hanya sekedar menjadi penyedap rasa, namun juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Bagi masyarakat Indonesia, tomat lebih dikenal sebagai salah satu pelengkap sambal dan bahan utama dari saus. Sedangkan olahan tomat dalam bentuk jus lebih unggul manfaatnya dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga:

Setiap olahan jus tomat mengandung nutrisi melimpah yang sangat baik bagi tubuh, mulai dari vitamin C dan A hingga kalium. Varian tomat sendiri juga beraneka ragam, dari yang berwarna merah, kuning, oranye, atau hijau.

Namun, umumnya tomat yang sering dijadikan jus adalah tomat berwarna merah dan matang, karena tomat mentah memiliki rasa cenderung asam sepet.

Untuk membuat jus tomat, buah yang dipilih harus tomat matang dan segar, agar memiliki banyak nutrisi. secangkir jus tomat murni atau sekitar 240 ml mengandung vitamin dan mineral.

Manfaat Jus Tomat Untuk Tubuh

1. Melawan kolestrol jahat

Manfaat jus tomat juga bisa dirasakan saat Anda sedang melakukan program diet. Serat makanan yang terkandung dalam jus tomat dapat menurunkan kadar kolesterol negatif (LDL), sehingga membuat arteri bersih dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menjaga kemampuan penglihatan

Bagi Anda yang sering menatap layar komputer atau gawai, maka harus berhati-hati terhadap pancaran sinar radiasi yang langsung mengarah ke mata. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperkaya gizi demi menjaga nutrisi mata.

3. Mencegah obesitas

Seperti pada poin pertama, manfaat jus tomat lainnya juga membantu menurunkan berat badan, serta mencegah terjadinya obesitas. Dengan mengonsumsi jus tomat, Anda dapat memperoleh kekayaan serat dan nutrisi tinggi pada tomat, sekaligus mengenyangkan.

4. Mempelancar proses pencernaan

ka Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, tentu membuat tidak nyaman. Manfaat jus tomat dapat berguna menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sebab, kandungan serat yang ada di dalamnya mampu mencegah sembelit, sehingga membantu proses buang air besar secara teratur.

5. Bahan bakar dan tambahan energi tubuh

Manfaat jus tomat berikutnya adalah sebagai suplai energi bagi tubuh yang sudah lelah beraktivitas. Jus ini kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, dan memberi energi pada tubuh. Setelah minum jus tomat, Anda akan merasa lebih segar dan berenergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *