Manfaat Kulit Singkong bagi Kehidupan

By | 09/12/2013

Jika ada yang bertanya apa kegunaan dari kulit singkong? Pasti semua sepakat menjawab bahwa kulit singkong tidak memiliki manfaat, dan hanya sebagai limbah. Sejauh ini memang tidak banyak yang memanfaatkan kulit singkong dalam kehidupan sehari-hari, banyak membuangnya begitu saja dan mengambil isi (singkongnya saja) yang kemudian akan diolah menjadi berbagai macam masakan.

Tahukah anda ternyata kulit singkong yang notabene adalah sampah/limbah ternyata masih memiliki manfaat yang kemungkinan masih sedikit orang yang mengetahuinya. Nah berikut ini adalah manfaat kulit singkong bagi kehidupan. Semoga bermanfaat dalam kehidupan anda.

1. Olahan makanan

Yang paling menakjubkan dari pemanfaatan limbah kulit singkong yang bernilai jual sangat tinggi dan dapat secara langsung dikonsumsi oleh manusia ialah kulit singkong diolah sebagai makanan. Umumnya, kulit singkong diolah menjadi keripik. Namun, ada sebuah daerah yang berada di provinsi Jawa Barat yang justru dengan sukses mengubah kulit singkong menjadi dendeng. Dendeng yang biasanya terbuat dari daging, kini menggunakan bahan kulit singkong.

manfaat kulit singkong

manfaat kulit singkong

2. Sebagai pupuk organik

Umumnya, kulit singkong hanya dibiarkan membusuk begitu saja. Padahal, jika dimanfaatkan, kulit singkong ini dapat dijadikan sebagai kompos atau pupuk organik. Pupuk yang ramah lingkungan dan menjadi salah satu nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan suatu tumbuhan dan mampu menjadi pembasmi hama pada tumbuhan.

3. Bio energi

Kulit singkong selain dapat digunakan sebagai kompos dan pakan ternak, ternyata juga dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar dari minyak yang selama ini digunakan oleh masyarakat. Teknologi yang diterapkan untuk menghasilkan bioethanol yakni melalui proses bernama hidrolisa asan dan juga enzimatis. Salah satu pemanfaatan limbah kulit singkong ini sekaligus menjadi salah satu program yang mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah berkaitan dengan penyediaan bahan bakar nabati sebagai alternatif pngganti bahan bakar minyak seperti bensin.

4. Pakan Ternak

Manfaat kulit singkong di sisi lain dapat dijadikan sebagai pakan hewan. Kandungan karbohidrat yang tinggi dapat mempermudah petani menghasilkan hewan ternak yang gemuk.

Nah itulah beberapa manfaat kulit singkong bagi kehidupan…Nah apabila anda memiliki usaha yang menggunakan bahan utama dari singkong alangkah baiknya kuli dari singkong ini tidak kita buang begitu saja. Kita manfaatkan kulit singkong itu menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam kehidupan kita daripada kita buang begitu saja sebagai limbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *