Manfaat Penting Minum Air Putih Bagi Tubuh

Manfaat Penting Minum Air Putih Bagi Tubuh

Cararesep.com – Hallo sobat jumpa lagi bersama admin yang selalu memberikan informasi menarik dan terbaru. Pada kesemptan kali ini admin akan mengulas seputar Manfaat Penting Minum Air Putih Bagi Tubuh, ingin tahu penjelasannya? Simak di bawah ini.

Tanpa adanya air termasuk dengan meminum air putih, kita tidak bisa menjaga suhu tubuh dengan normal, melumasi sendi atau membuang zat sisa melalui keringat, urine dan buang air besar. Yuk langsung saja simak manfaat minum air putih di bawah ini!

Baca juga:

Tubuh kita sangat memerlukan air atau cairan yang berguna dalam proses pencernaan, penyerapan zat atau nutrisi makanan untuk energi, sirkulasi darah, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah hingga mempertahankan suhu tubuh.

Oleh sebab itu, kita perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus hingga meningkatkan risiko kelelahan.

Umumnya kita sering mendengakan nasihat bahwa kita harus minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter air.

Akan tetapi, institut of medicine’s food and nutrition board merekomendasikan bahwa wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap harinya dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter air setiap harinya.

Kamu bisa mendapatkan cukupan air yang cukup setiap harinya dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minum ringan, serta sayur dan buah yang mengandung air.

Jangan lupa juga , bila kamu berolahraga atau berlari, kamu akan memerlukan air yang lebih banyak, sebelum, saat, dan setelah melakukannya.

Manfaat minum air putih

Ada bebrapa fakta yang lain yang harus kamu ketahui mengapa kita perlu meminum banyak air putih di bawah ini.

1. Membangkitkan otot

Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektronik, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan memilki kemampuan yang berkurang.

2. Menjaga kulit tetap bercahaya

Kulit sebetulnya mengandung banyak sekali air yang berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh yang berlebihan. Namun, jangan harap kalau kelebihan cairan tubuh bisa jadi cara yang ampuh untuk menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.

3. Memelihara fungsi ginjal

Cairan tubuh adalah alat transportasi limbah yang keluar masuk ke sel. Racun utama yang ada di dalam tubuh yakni nitrogen urea darah, sejenis dengan cairan yang bisa melewati organ ginjal untuk kemudian di proses dan di keluarkan dalam bentuk urine.

4 Mempertahankan fungsi usus yang normal

Bila kita minum air putih yang cukup, makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya penyakit konstipasi (sembelit).

5. Meningkatkan energi

Seperti yang telah tertera, kurang minum ai putih juga bisa berdampak pada tingkat energi di dalam tubuh, Bila kamu mengalami kondisi dehidrasi, bisa saja kamu akan merasakan kelelahan yang hebat.

Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke sel-sel tubuh kamu dan membuang limbah sisa pencernaan yang tidak di perlukan.

6. Bantu menurunkan berat badan

Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan kamu dengan berbagai cara. Air mampu menekan nafsu makan berlebih, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga membantu olah raga yang kamu lakukan jadi lebih mudah dan lebih efisien.

You May Also Like

About the Author: Herlina

Leave a Reply

Your email address will not be published.