3 Manfaat timun selain untuk hipertensi timun juga ampuh untuk asam urat

By | 03/12/2022

Manfaat timun ternyata baik untuk kesehatan, bukan hanya enak untuk dimakan. Selain untuk hipertensi, Kamu juga bisa merasakan manfaat mentimun untuk asam urat.

Asam urat melibatkan radang sendi (arthritis) dengan gejala nyeri, bengkak, dan radang sendi. Gejala asam urat muncul ketika terlalu banyak asam urat (uric acid) di dalam darah, lapor Healthline.

Penderita asam urat diharapkan memperhatikan pola makannya. Mentimun adalah salah satu makanan yang direkomendasikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mentimun baik untuk asam urat.

1. Purin Rendah

Makanan merupakan salah satu penyebab kekambuhan asam urat, terutama makanan yang tinggi purin. Suatu makanan dianggap kaya purin jika terdapat lebih dari 200 mg purin per 100 g makanan.

Timun merupakan salah satu makanan rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat. Ketimun hanya mengandung 7,3 mg purin per 100 g porsi, menurut Livestrong.

2. Membantu menghilangkan asam urat berlebih

Mentimun untuk asam urat. Mentimun mengandung banyak air, sehingga dapat menghidrasi tubuh. Kandungan air pada mentimun juga dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

Selain memenuhi kebutuhan asupan cairan dari air putih, mentimun juga bisa Kamu Kamu lkan. Asam urat yang menumpuk di dalam tubuh “dibilas” dengan air. Kandungan seratnya juga memperlancar pencernaan.

3. Detoks Ginjal

Ketimun dapat membantu detoksifikasi ginjal, hati, dan menurunkan kadar asam urat darah. Fungsi detoksifikasi ini tercapai karena kandungan kalium dan fosfor. Keduanya juga akan meningkatkan fungsi ginjal, terutama fungsi membuang racun dari dalam tubuh.

Menurut Times of India, mentimun untuk asam urat bisa dikonsumsi dalam bentuk jus dengan menambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 3 Manfaat timun selain untuk hipertensi timun juga ampuh untuk asam urat.

Sumber : CnnIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *