Mengenal Apa Itu Investasi Jenis Dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Investasi Jenis Dan Contohnya

Cararesep.com Mengenal Apa Itu Investasi Jenis Dan Contohnya – Salah satu hal penting dalam mengelola keuangan adalah menyisihkan pendapatan untuk investasi.

Apa itu investasi? Investasi merupakan kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau imbal hasil di masa depan.

Investasi adalah aktivitas menempatkan dana atau aset berharga lainnya pada instrumen tertentu dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dari penempatan dana tersebut diharapkan menghasilkan return.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Orang yang melakukan investasi disebut investor atau penanam modal. Biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Ketika seorang individu membeli barang sebagai investasi, tujuannya bukan untuk mengkonsumsi barang tersebut, melainkan untuk menggunakannya di masa depan.

Jadi secara sederhana pengertian investasi adalah mengembangkan uang atau aset lain agar memberikan keuntungan di masa mendatang untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga :

Jenis Investasi Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan jangka waktunya, jenis investasi ada dua yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Namun, pengertian investasi adalah lebih sering diartikan dengan penanaman modal jangka panjang.

1. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang dilakukan dalam periode waktu yang relatif pendek. Biasanya, keuntungan dari investasi jangka pendek adalah diharapkan bisa terwujud setidaknya dalam kurun waktu satu sampai tiga tahun.

Karena jangka waktunya pendek, imbal hasil dari investasi jangka pendek tentu juga lebih kecil. Contoh dari investasi jangka pendek adalah obligasi jangka pendek, pasar saham, sertifikat deposito.

2. Investasi Jangka Panjang

Sedangkan investasi jangka panjang adalah investasi yang membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk mendapatkan keuntungan.

Biasanya para investor baru bisa menikmati hasil dari investasinya adalah minimal dalam lima tahun hingga puluhan tahun mendatang.

Macam-macam atau Jenis Investasi

Banyak jenis investasi yang bisa menjadi pilihan, mulai dari jenis investasi dengan risiko relatif rendah sampai investasi dengan risiko tinggi.

Berikut di bawah ini adalah jenis-jenis investasi :

  1. Saham
  2. Obligasi
  3. Reksadana
  4. Emas
  5. Deposito
  6. Properti

Penutup

Demikian ulasan yang dapat admin sampaikan mengenai Mengenal Apa Itu Investasi Jenis Dan Contohnya semoga bermanfaat untuk kalian semua.

You May Also Like

About the Author: windi

Leave a Reply

Your email address will not be published.