Cara Mudah Mengolah Dokumen PDF ke Word Tanpa Komputer

By | 03/10/2022

Cararesep.com – Mengerjakan berbagai tugas baik dalam tugas kerja maupun tugas sekolah saat ini tidak terlepas dari fungsi elektronik seperti komputer dan smartphone.

Tidak seperti di era sebelumnya, semua hal dilakukan secara manual alias semua kertas. Kali ini penggunaan kertas menjadi lebih minim karena kebutuhan berkurang.

Nah, bagi anda yang tidak memiliki perangkat komputer atau laptop, tentu akan sangat sulit untuk mengolah data seperti dokumen word atau pdf.

Apalagi jika ponsel yang anda miliki masih seri menengah ke bawah. Namun Anda tidak perlu khawatir, kali ini Unbox akan memberikan tips cara mengolah dokumen pdf ke word dengan mudah.

Cara Mengonversi PDF ke Word dan Mengeditnya Tanpa Komputer

Biasanya, bos atau dosen akan mengirim file dokumen dari pesan WhatsApp dalam bentuk PDF. PDF adalah singkatan dari Portable Document Format.

yang berarti membentuk dokumen yang dapat dibuka di sebagian besar perangkat. Baik dalam bentuk gambar, teks, tabel, dan sebagainya, PDF sangat fleksibel dan mudah diakses.

Baca Juga: Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan

Langkah pertama untuk memproses dokumen PDF melalui smartphone adalah mengunduh aplikasi Google Docs di toko aplikasi. Aplikasi pengolah kata untuk smartphone ini tidak memakan banyak ruang, hanya membutuhkan 26 MB.

Jika keyboard di ponsel Anda tidak mendukung tab, shift, alt, atau ctrl, Anda dapat mengunduh aplikasi Keyboard KeyP dari App Store. Ukuran aplikasi ini hanya 4 MB.

Namun, aplikasi Google Docs ini tidak memiliki dukungan pengaturan margin seperti yang ada di komputer atau laptop.

Sedangkan untuk mengonversi file PDF ke word, jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda dapat memanfaatkan layanan di situs smallpdf.com.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Cakar Ayam

Di situs ini, semua jenis dokumen Anda dapat mengkonversi ke PDF dan sebaliknya. Begitu juga dengan file word, Anda tinggal mengunggah file dan kemudian mengunduh file yang sudah jadi lagi.

Nah, dengan begitu, anda bisa mengedit ulang file PDF yang sudah berubah menjadi Word. Atau, jika Anda tidak ingin repot menggunakan data internet, Anda bisa langsung copy-paste file PDF ke dalam worksheet Google Docs untuk diedit.

Demikian ulasan tentang cara memproses dokumen melalui smartphone secara sederhana. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.