Peluang Usaha Yang Menguntungkan Di Desa

By | 02/04/2022

Cararesep.comPeluang Usaha Yang Menguntungkan Di Desa, walaupun identik dengan wilayah penyokong kota-kota yang besar. Area satelit seperti desa atau perkampungan juga memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian secara nasional.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, pemeringtah pusat memprioritaskan percepatan pembangunan yang bisa menopang kegiatan perekonomian di desa atau kampung.

Baca Juga:

Pada dasarnya wilayah perdesaan juga memiliki potensi yang besar sebagai pusat perekonomian. Ekosistem bisnis di dalamnya juga bisa jauh lebih beragam di bandingkan dengan yang ada di kota-kota besar. Berikut ini merupakan beberapa jenis usaha di desa yang menjanjikan keuntungan yang besar.

Jenis-jenis peluang usaha di Desa

Kultur dan sumber daya alam yang di miliki wilayah pedesaan yang membuat ekosistem bisnis di desa bisa jauh lebih beragam. Berikut merupakan jenis-jenis usaha yang bisa kamu lakukan di pedasaan.

1. Berternak ayam

Ayam menjadi salah satu sumber protein hewani yang populer di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain ayam broiler, ayam kampung menjadi salah satu varian yang populer karena rasanya yang jauh lebih enak.

Wilayah pedesaan menjadi tempat yang cocok untuk berternak ayam kampung karena fasilitas pendukung yang lebih mudah di dapatkan. Untuk memulainya juga di butuhkan modal yang tidak terlalu besar, Perawatannya juga tidak semahal saat ternak hewan lainnya seperti sapi atau kambing.

2. Budidaya ikan lele

Selain ayam kampung, melakukan budidaya ikan lele juga menjadi jenis usaha yang potensi untuk di lakukan di desa. Tersedianya lahan yang kosong membuat desa menjadi tempat yang cocok untuk ternak lele.

Modal yang di butuhkan untuk melakukannya juga tidak begitu besar, tapi menjanjikan keuntungan yang berlipat. Lele juga masih menjadi salah satu sumber protein hewani yang populer. Selama masih ada warung pecel lele di jalanan berarti permintaan akan ikan berkumis ini masih tingggi.

3. Warung sembako

Sembako menjadi kebutuhan masyarakat dimana pun tempatnya, baik di kota ataupun di desa. Kehadiran warung sembako di wilayah pedesaan tentunya akan sangat membantu masyarakat sekitar. Hal ini di sebabkan oleh jarak tempuh yang cukup jauh jika ingin membeli sembako langsung ke pasar induk atau pasar tradisional.

Berbisnis sembakotentunya snagat menguntungkan karena sembako merupakan barang yang di cari orang setiap harinya. Oleh karna itu, kamu harus pintar-pintar untuk selalu menyediakan sembako apa saja yang di butuhkan oleh orang.

4. Jualan pulsa

Pada era teknologi seperti saat ini, pulsa menjadi kebutuhan hidup sehari-hari yang di butuhkan untuk tetap terhubung dengan orang-orang. Mulai dari kebutuhan untuk menelpon, mengirim pesan hingga kebutuhan internet.

Berjualan pulsa di wilayah pedesaan tentunya memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Minimnya persaingan dengan konter modern hingga saya minat yang tinggi menjadi faktor yang membuat bisnis pulsa menjadi yang wajib di lirik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.