Pengertian Dan Harga Bitcoin Hingga Cara Kerjanya

Cararesep.comPengertian Dan Harga Bitcoin Hingga Cara Kerjanya, bitcoin merupakan salah satu istilah yang barangkali sudah tidak asing lagi.

Banyak kalangan sudah mulai menjadikan bitcoin sebagai salah satu aset digitalnya. Lalu apa yang di maksud dengan Bitcoin?

Baca juga:

Bitcoin merupakan cryptocurrency atau mata uang kripto yang perta sekligus menjadi yang paling populer. Harganya yang terus naik dari tahun ke tahun menjadikan bitcoin sebagai aset di gital yang paling banyak di buru oleh banyak orang.

Pengertian Bitcoin

Di lansir dari laman Investopedia, pada kamis (9/12/2021), bitcoin merupakan mata uang di gital terdesentralisasi yang di buat pada bulan Januari 2009 silam. Penemuan bitcoin merupakan mengikuti gagasan yang di tetapkan dalam kertas putih oleh Satoshi Nakamoto (nama asli).

Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah dari padamekanisme pembayaran online tradisional. Tidak seperti mata uang yang di keluarkan oleh bank sentral, bitcoin merupakan di operasikan ileh otoritas yang terdesentralisasi.

Bitcoin di kenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya agar tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldoyang di simpan di buku besar publik yang dapat di akses oleh setiap orang dengan transparan (walaupun setiap catatan dienkripsi).

Dengan kata yang lain, bitcoin merupakan mata uang di gital yang di buat dan di simpan secara digital. Pasalnya bentuknya juga digital, bircoin tidak memiliki wujud fisik seperti mata uang resmi negara. Tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya.

Walaupun tidak menjadi alat pembayaran yang sah di sebagian besar dunia, bitcoin sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto yang lain, yang secara kolektif di sebut sebagai altcoin. Bitcoin juga biasa di singkat sebagai BTC saat di perdagangkan.

Nilai Kapitalitas Dan Harga Bitcoin

Pada saat ini, bitcoin merupakan mata uang kripto dengan kapitalitas atau valuasi pasar terbesar yang ada di dunia. Per Desember 2021, total valuasi pasar bitcoin meru[akan mencapai 013,1 miliar dollar AS atau sekitar 13.103 triliun (kurs Rp 15.350).

Sementara itu, berdasarkan penelusuran, satu keping bitcoin setara dengan Rp 713.747.456. padahal pada bulan yang lalu, harga dari satu bitcoin nyaris mencapai Rp 1 miliar atau tepatnya Rp 968.937.47,32.

Bitcoin semakin populer, terutama setelah miliarder pemiliki Tesla Inc, Elon Musk melalui akun twitter milik pribadinya menyatakan dukungannya terhadap mata uang baru tersebut.

Keunikan Bitcoin

Keuntungan paling unik yang dimiliki oleh bitcoin berasal dari fakta bahwa bitcoin merupakan mata uang kripto pertama yang muncul di pasar. Bitcoin merupakan mata uang kripto yang berhasil menciptakan komunikasi globel dan melahirkan industri yang baru dri jutaan penggemar.

Mereka lalu membuat, berinvestasi, memperdagangakan, hingga menggunakan bitcoin dan mata uang kripto uang lain dalam kehidupan sehari-hari. Kemunculan mata uang kripto yang pertama ini telah menciptakan dasar konseptual dan teknologi yang lantas menginspirasi pengembangan ribuan proyek yang bersaing.

Cara kerja Bitcoin

Di alnsir dari Kompas.com, pada dasarnya setiap keping bitcoin merupaka file komputer yang di simpan dalam sebuah aplikasi dompet digital di smartphone atau komputer. Para pemiliki bitcoin merupakan bertransaksi dengan cara mengirimkan (satu atau sebagian) uang di gital itu melalui dompet digital.

Kemudian, setiap transaksi bitcoin di catat dalam sebuah daftr publik yang di sebut dengan blockchain. Hal ini memungkinkan pelacakan riwayat bitcoin, sehingga mencegah seseorang membelanjakan koin ytang tidak mereka miliki, membuat salinan (copy) bitcoin atau membatalkan transaksi.

Gallery for Pengertian Dan Harga Bitcoin Hingga Cara Kerjanya

You May Also Like

About the Author: Herlina

Leave a Reply

Your email address will not be published.