Pentingnya Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

By | 05/12/2013

Sekilas masih banyak orang yang beranggapan bahwa air putih hanya diperlukan ketika dahaga serta ketika habis makan. Anggapan itu telah menjadi kebiasaan yang berujung pada ketidakpahaman manfaat yang didapat ketika kita minum air putih secara ideal. Anjuran dokter menyebutkan bahwa kita dituntut untuk minum air putih minimal 8 liter per hari. Anjuran itu bukan semata-mata anjuran tanpa alasan, ada banyak alasan mengapa tubuh kita perlu disupplay dengan 8 liter air bersih setiap hari.

Oke kali ini kita tidak akan membahas jauh mengenai hal tersebut namun masih menyinggung masalah yang sama mengenai mengkonsumsi air putih yang ideal. Beberapa pakar berpendapat bahwa meminum air putih setelah bangun tidur itu memiliki banyak manfaat kebaikan untuk tubuh. Berikut ini adalah pentingnya minum air putih setelah bangun tidur seperti yang dilansir oleh health.com.

1. Detoks tubuh

Air merupakah detoks alami, contoh detoks alami yang paling utama adalah air lemon. Tidak hanya membuat tubuh sehat, minum air juga mampu membuang racun yang ada pada tubuh. Hal lain yang perlu anda ketahui bahwasannya minum air putih juga membuat kulit lebih sehat, bersih serta segar. Air putih mampu memperbaiki usus besar yang nantinya akan memaksimalkan kinerjanya dalam menyerap nutrisi untuk tubuh.

minum air putih

minum air putih

Fungsi detoksifikasi sebenarnya sudah bisa diperoleh hanya dari air putih namun yang lebih maksimal apabila diberi perasan lemon. Seperti yang tercantum dalam buku yang berjudul”You Are What You Eat”, yang ditulis oleh dr Gillian McKeith menerangkan bahwa segelas air putih dengan campuran perasan lemon yang diminum pada pagi hari msupun setelah tidur mampu membersihkan berbagai lendir yang tidak berfungsi. Selain itu juga sebaiknya dilakukan sebelum tidur.

2. Menghidrasi sel

Tidak hanya setelah berolahraga, ketika bangun tidur pun kita sering yang namanya dehidrasi. Air ini berfungsi untuk mendehidrasi sel-sel tubuh yang kekurangan cairan.

“Umumnya kita tidur sekitar 6-8 jam setiap malam. Selama tidur tanpa terbangun selama itu, kita tidak minum, tentunya terjadi defisit air. Saat tidur pun tubuh terus bekerja memperbaiki sel dan terjadi pula penguapan,” ujar pakar gizi klinik dr Samuel Oetoro, SpGK.

Minum air putih setelah bangun tidur yang ideal adalah 1-2 gelas saja. Menurutnya, apabila terlalu banyak, volume darah akan meningkat dengan tajam dan membuat kerja jantung menjadi berat.

3. Mencegah sakit

Tubuh sering sakit bisa disebabkan oleh kekurangan cairan. Air memegang peranan penting dalam menjaga sistem limfatik. Ketika sistem ini seimbang, tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik.

4. Membantu mengurangi berat badan

Sistem pencernaan yang baik bisa kita dukung dengan minum air putih secara ideal. Seperti inilah yang membuat cara ini cukup efektif mengurangi berat badan. Perlu anda ketahui bahwasannya penelitian menunjukkan, minum air disaat perut belum terisi pada pagi hari mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh sepanjang hari. Selain itu ternyata air juga membuat rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar.

Nah itulah beberapa alasan pentingnya minum air putih setelah bangun tidur, semoga dengan kebiasaan minum air putih setelah tidur akan semakin membuat tubuh kita sehat bugar, berat badan ideal, mengurangi frekuensi sakit serta memiliki kulit yang bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *