7 penyebab tangan kesemutan yang sering diremehkan

By | 02/12/2022

Penyebab tangan kesemutan – Berapa kali tangan Kamu kesemutan? Apa penyebab tangan kesemutan? Kesemutan di lengan, kaki, atau keduanya merupakan gejala yang sangat umum dan mengganggu.
Kesemutan ini terkadang tidak berbahaya dan bersifat sementara. Misalnya, bisa jadi akibat tekanan pada saraf saat lengan Kamu ditekuk di bawah kepala saat Kamu tidur.

Atau bisa juga tekanan pada saraf akibat menyilangkan kaki terlalu lama. Namun, efek “pin and needles”, yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dengan cepat menghilang saat tekanan yang menyebabkannya dihilangkan.

Banyak yang diabaikan, padahal penyebab tangan kesemutan bisa serius juga. Namun dalam banyak kasus, mati rasa di tangan, kaki, atau keduanya bisa parah, episodik, atau kronis.

Bisa juga disertai dengan gejala lain seperti nyeri, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Jika sudah begini, kemungkinan kesemutan yang Kamu rasakan disebabkan oleh kerusakan saraf akibat berbagai penyebab seperti trauma atau stres berulang, infeksi bakteri atau virus, paparan racun, dan penyakit sistemik seperti diabetes.

Penyebab tangan kesemutan

Mengutip WebMD, diabetes adalah salah satu penyebab paling umum dari neuropati perifer, juga dikenal sebagai kesemutan. Ini menyumbang setidaknya 30 persen kasus pin dan jarum yang disebabkan oleh masalah ini.

Sekitar dua pertiga penderita diabetes mengalami kerusakan saraf ringan hingga parah. Dalam banyak kasus, gejala ini adalah tKamu pertama diabetes.

Dalam sisa 30 persen kasus neuropati perifer, penyebabnya tidak diketahui atau “idiopatik”.

Selain itu, ada beberapa penyebab tangan kesemutan lainnya yang tidak diketahui banyak orang.

1. Masalah saraf

Masalah saraf yang menyebabkan kesemutan termasuk carpal tunnel syndrome, kelumpuhan saraf ulnaris, kelumpuhan saraf peroneal, dan kelumpuhan saraf radial.

2. Penyakit sistemik

Ini termasuk penyakit ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah dan darah, amiloidosis, penyakit jaringan ikat dan peradangan kronis, ketidakseimbangan hormon (termasuk hipotiroidisme), dan kanker dan tumor jinak yang mempengaruhi saraf.

3. Kekurangan vitamin

Kamu membutuhkan vitamin E, B1, B6, B12 dan niasin untuk kesehatan saraf. Defisiensi B12, misalnya, dapat menyebabkan anemia pernisiosa, penyebab penting neuropati perifer. Namun terlalu banyak B6 juga bisa menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki.

4. Alkohol

Pecandu alkohol lebih cenderung kekurangan tiamin atau vitamin penting lainnya karena malnutrisi, yang merupakan penyebab umum neuropati perifer.

5. Penyakit autoimun

Ini termasuk polineuropati demielinasi inflamasi kronis, sindrom Guillain-Barré, lupus, dan rheumatoid arthritis.

6. Anomali bawaan

Ini termasuk kelompok yang mungkin memiliki gejala sensorik dan motorik; jenis yang paling umum dikenal sebagai penyakit Charcot-Marie-Tooth.

7. Infeksi

Ini termasuk penyakit Lyme, herpes zoster (cacar air), cytomegalovirus, virus Epstein-Barr, herpes simpleks, dan HIV dan AIDS.

Sumber : CnnIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *