Presentasi Merupakan Salah Satu Bentuk? Ini Pengertian Selengkapnya

Presentasi Merupakan Salah Satu Bentuk? Ini Pengertian Selengkapnya

Cararesep.com|| Presentasi Merupakan Salah Satu Bentuk? Ini Pengertian Selengkapnya – Sering mendengar kata “presentasi” bukan?? Di postingan sebelumnya saya juga sudah menjelaskan bahwa desain presentasi merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Tata Warna.

Baik itu desain presentasi flash, desain presentasi power point maupun desain presentasi video. Definisi presentasi sendiri itu sebenernya apa sih??

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.

Setelah mengetahui definisi presentasi, saya akan membahas tentang fungsi presentasi untuk perusahaan-perusahaan. Berikut fungsi-fungsinya:

1. Menyampaikan informasi

Banyak pada perusahaan-perusahaan melakukan presentasi hanya bertujuan menyampaikan berupa informasi saja. Informasi/pesan yang disampaikan bisa bersifat biasa, penting atau bahkan rahasia.

Baca juga : Memulai Bisnis Mata Uang Digital Crypto Currency

Perusahaan mengundang seseorang yang dianggap pantas untuk menyampaikan informasi sesuai tema yang telah ditentukan. Dalam hal ini pembicara memiliki keahlian sesuai dengan bidang dan pengalamannya.

2. Mempengaruhi

Presentasi untuk mempengaruhi orang lain dilakukan ketika Anda ingin audiens melakukan sesuatu. Presentasi seperti ini biasanya tersirat apa yang harus dilakukan audiens setelah selesai mendengarkan presentasi Anda.

Apakah mereka akan membeli produk, menyetujui proposal, menerima ide, atau melakukan suatu tindakan Presenasi jenis ini biasa digunakan seorang salesman untuk mempromosikan barang dagangannya.

3. Memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan

Demi tercapainya suatu tujuan perusahaan, seorang pimpinan dituntut untuk mengarahkan dan membimbing para karyawannya agar dapat bekerja secara maksimal dan tidak lupa untuk memperhatikan kualitasnya.

Selain diberi arahan dan bimbingan, pimpinan perusahaan juga dapat melakukan motivasi agar para karyawannya dapat bekerja dengan semangat yang tinggi.

Baca juga : Memulai Investasi trading CFD Untuk Pemula

Kegiatan memotivasi tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan suatu forum. Forum tersebut terdiri dari para karyawan dimana bertindak sebagai pendengar.

Sedangkan yang bertindak sebagai pembicara yaitu pihak pimpinan perusahaan itu sendiri. Pimpinan bertugas untuk menyampaikan informasi yang bersangkutan dengan tujuan perusahaan serta memotivasinya, baik dengan cara mempromosikan karyawan maupun kenaikan gaji karyawan.

4. Melakukan penjualan

Tujuan presentasi yang keempat yaitu melakukan penjualan. Hal ini bersangkutan dengan perusahaan yang ingin mempromosikan suatu produk tertentu.

Baca juga : Aplikasi Telepath Yang Kini Menjadi Apk Viral

Perusahaan menugaskan kepada salah seorang atau kelompok karyawan untuk mempromosikan produknya kepada calon pembeli. Karyawan tersebut dibekali pengetahuan mengenai produk dan dibantu dengan alat bantu peraga untuk memudahkan penyampaian pesan.

5. Membuat suatu ide atau gagasan

Presentasi yang dilakukan hanya bertujuan untuk memunculkan suatu ide/gagasan dari para peserta pendengar. Tipe tujuan ini biasanya diterapkan pada suatu perusahan/organisasi yang mengalami suatu masalah yang sulit untuk dipecahkan sehingga membutuhkan pendapat/argumen orang lain untuk memecahkannya.

Baca juga : Melihat Peluang Usaha Kopi Yang Tengah Booming

Forum yang dilakukan sering dikenal dengan istilah rapat. Perusahaan mengundang peserta rapat yang dianggap penting baginya serta dapat memunculkan suatu ide/gagasan sehingga secara tidak langsung dapat membantu suatu tujuan perusahaan.

6. Memperkenalkan perusahaan

Presentasi demikian biasa digunakan ketika ingin memperkenalkan suatu perusahaan. Biasanya presentasi jenis ini berisi tentang sejarah perusahaan.

Baca juga : Memulai Bisnis Trading Forex Untuk Pemula

Visi dan misi perusahaan, logo perusahan dan lain-lain. Presentasi jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan baru agar bisa dikenal oleh masyarakat.

Penutup

Demikian yang dapat Cararesep.com sampaikan mengenai Presentasi Merupakan Salah Satu Bentuk? Ini Pengertian Selengkapnya.

Mohon maaf apabila ada kata atau informasi yang sama dan juga kurang, karena kami juga selaku admin hanya merangkum informasi ini dari bebragai website dalam Robot Google.

Jangan lupa juga untuk terus mengikuti artikel ini, serta membagikannya kepada sodara atau teman terdekat Anda, agar tidak ketinggalan dengan informasi yang akan terus kami bagikan setiap harinya, Terimakasih.

Gallery for Presentasi Merupakan Salah Satu Bentuk? Ini Pengertian Selengkapnya

You May Also Like

About the Author: Figi

Leave a Reply

Your email address will not be published.