Resep Nasi Gepuk Sambal Peuluruk

By | 24/08/2012

Weh nih resep kok namanya aneh ya…hum, nasi gepuk. Kalo di daerah saya gepuk itu sama halnya di banting. Lha kalo nasi gepuk berarti nasi banting dong…he..itulah nama dan apalah arti sebuah nama. Mau namanya apapun kalo nasi gepuk sambal peuluruk ini nikmat siapa yang gak ketagihan? Hayo…

Udah deh gak tahu nih masakan asalnya dari mana yang penting cobain yuk bikin nasi gepuk sambal peuluruk. Sekilas melihatnya aku langsung jatuh hati pada pandangan pertama pengen cepet ngerasain lezatnya nasi gepuk sambal peuluruk ini. Resep lain : Resep Sambal Udang Telur Puyuh

Bahan Nasi Gepuk Sambal Peuluruk

  • 500 gr daging has, potong menurut selera
  • 250 ml santan
nasi gepuk sambal peuluruk

nasi gepuk sambal peuluruk

Bumbu Halus

  • 5 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula merah
  • 1 sdm air asam

Sambal Peuluruk

  • 100 gr ebi
  • 3 bh cabai merah kering, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir

Pelengkap

  • nasi putih
  • tahu dan tempe goreng
  • timun dan kemangi

Cara Membuat Nasi Gepuk Sambal Peuluruk

  1. Empal Gepuk : Campur bumbu halus, daging dan santan, masak sampai daging empuk dan kering.
  2. Goreng sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sisihkan.
  3. Sambal Peuluruk : Rendam ebi dalam air panas, tiriskan, haluskan, sangrai hingga kering. Campur ebi sangrai dengan cabai kering, garam dan gula pasir, aduk rata.
  4. Penyelesaian : Siapkan piring saji, taruh nasi yang sudah di cetak, beri sambal peuluruk di atasnya, tambahkan empal goreng, tahu dan tempe, timun dan kemangi. Sajikan segera.

* Nasi gepuk sambal peuluruk ini disajikan untuk 6 orang

Leave a Reply

Your email address will not be published.