Resep Sambal Godog Betawi

Bagi yang rumahnya Jakarta sono khususnya suku Betawi pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Sambal Godog Betawi. Kayak apa ya sambalnya? Kok aye jadi penasaran pengen mencobanya…he. Nikmat kagak nih gua pengen ngerasain…(bahasanya ikut-ikutan). Kalo lia dari tampangnya sih kayaknya nikmat.

Penasaran nih nyoba gimana rasanya. Nih kebetulan ada resep sambal godog betawi tapi tidak tahu dan tidak menjamin rasanya sesempurna sama dengan resep asli dari sana. Bagi anda yang merasa orang betawi semoga berkenan berbagi jikalau ada resep yang perlu dibenahi. Resep lain : Resep Sambal Blender

Bahan Sambal Godog Betawi

  • 1 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lernaskan dengan garam.
  • 1 ikat [10 batang] kacang panjang, iris panjang 1 cm.
  • 2 batang sereh, geprek.
  • 2 ruas lengkuas, geprek.
  • 2 lembar daun salam.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 5 bawang merah, iris tipis.
  • 1 liter santan dari 1/2 butir kelapa.
  • Garam dan gula secukupnya.
  • Minyak untuk menumis.
sambal godog betawi
sambal godog betawi

Bumbu Dihaluskan

  • 10 cabai merah.
  • 10 bawang merah.
  • 5 bawang putih.
  • 3 cm jahe.
  • 1/2 ons ebi, direndam air panas sampai lunak.

Cara Membuat Sambal Godog Betawi

  1. Tumis bawang merah iris sampai harum.
  2. Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang.
  3. Masukkan labu siam dan kacang panjang, tumis sampai sayuran layu.
  4. Tuang santan, beri garam dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
  5. Angkat, hidangkan dengan ketupat.

Konon sambal godog Betawi  ini sangat cocok dihidangkan dengan ketupat selain itu juga dengan semur daging dan tahu. Bener gak sih? Selamat mencoba aja…

You May Also Like

About the Author: Cara Resep

Leave a Reply

Your email address will not be published.