Tips Pemasaran Bisnis Online Kuliner Paling Laris Saat Ini

By | 28/03/2022

Cararesep.com – Tips Pemasaran Bisnis Online Kuliner Paling Laris Saat Ini. Anda ingin memulai bisnis? Apakah anda pandai memasak?

Jika demikian, tidak ada salahnya memulai bisnis kuliner. Bisnis kuliner sering dianggap sebagai salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Bagaimana bisa begitu?

Sederhananya, itu karena makanan adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi manusia untuk kelangsungan hidup mereka. Jadi, peluang bisnis besar Anda akan selalu diminati.

Ada berbagai usaha kuliner, mulai dari jajanan atau jajanan, makanan pokok, atau minuman tradisional hingga saat ini. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis kuliner? Mari kita lihat penjelasan berikut.

Baca juga : Ayam Bakar Cuka Sensasi Pedas

Bagaimana Memulai Bisnis Kuliner

Memulai bisnis kuliner tidaklah sulit. Yang Anda butuhkan adalah keterampilan dan niat untuk mengeksplorasi.

Dari segi modal, bisa dibilang bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar. Katakanlah.

Anda memulai bisnis kuliner dengan menjual gorengan. Modal yang dibutuhkan tentu kecil, bukan?

1. Tentukan Kuliner Apa Yang Akan Anda Kembangkan

Di sini Anda harus memiliki gagasan tentang apa kuliner untuk terlibat dalam; apakah makanan atau minuman, lokal atau asing, makanan ringan atau makanan berat.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis kuliner yang bisa kita jual, terutama kuliner khas dari kota-kota tertentu, misalnya Yogyakarta yang terkenal dengan gudegnya.

Jadi, Anda bisa menjual gudeg sebagai bisnis kuliner Anda. Jangan lupa, buatlah keunikan dalam bisnis kuliner Anda alias unique selling point.

Misalnya, ada penjual makaroni goreng atau makaroni kering dengan rasa pedas. Nah, Anda bisa mengembangkan bisnis makaroni kering dengan berbagai rasa seperti BBQ, jagung bakar, dan sebagainya.

2. Siapkan Modal

Selain ide, modal merupakan faktor penting dalam semua bisnis. Tanpa modal, bisnis tidak akan bisa berjalan.

Setelah Anda memiliki ide, saatnya bagi anda untuk menyadarinya. Ketahui dulu berapa biaya untuk memulai bisnis, lalu sesuaikan dengan modal yang anda miliki.

Jika Anda tidak memiliki cukup modal, anda dapat menjual makanan yang digoreng. Atau misalnya, Anda memiliki modal 1 juta.

Dan ingin menjual makanan ringan, Anda bisa menjatuhkannya di warung atau toko kecil di sekitar rumah.

Namun, jika Anda memiliki modal besar, Anda dapat membuka toko kecil di mana jika banyak orang tertarik dengan bisnis makanan ringan Anda..

3. Tentukan Pemasok Berkualitas

Memilih pemasok yang menyediakan bahan berkualitas baik dapat meningkatkan penjualan. Tentu saja, semakin berkualitas bahan bakunya, semakin baik produk kuliner yang Anda tawarkan.

Konsumen akan puas dan mereka bisa menjadi pelanggan tetap. Karena bahan yang digunakan berkualitas, usaha kuliner Anda akan dicap dengan baik.

4. Tentukan Strategi Pemasaran

Agar bisnis kuliner berkembang dan berkembang dengan cepat, Anda perlu membuat strategi pemasaran yang tepat.

Dengan strategi pemasaran, Anda dapat mengetahui langkah-langkah apa yang harus diambil dalam memasarkan produk untuk jangka panjang. Jadi seperti apa strateginya?

Di era digital ini, para pendiri bisnis kuliner memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menawarkan produknya.

Promosi Online dianggap sebagai cara penting untuk dilakukan. Apa alasan mereka lebih suka promosi online? Lalu apa? Lihat penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga : Resep Nasi Goreng Daging Kambing Kebon Sirih

Mengapa Bisnis Kuliner Membutuhkan Pemasaran Online?

Pernahkah Anda menemukan postingan iklan kuliner tertentu? Misalnya, mengiklankan minuman dan makanan terkini seperti teh Thailand, Minuman Boba, makaroni kering?

Nah, itu semua ada alasan Anda tahu. Ada enam alasan mengapa bisnis kuliner harus dipromosikan secara online.

A. Semuanya Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, kehidupan manusia telah berubah secara drastis. Di masa lalu, semuanya masih konvensional, tetapi sekarang hampir semuanya online berkat internet.

Nah, dengan memanfaatkan internet, bisnis restoran atau kuliner Anda akan dikenal oleh masyarakat, bahkan Anda juga bisa mendominasi pasar secara global.

B. Pendekatan Pembeli Dengan Teknik Retargeting

Penargetan ulang atau pemasaran ulang adalah teknik periklanan online dengan membawa kembali calon pembeli atau pembeli ke situs kuliner jika mereka pernah mengunjungi situs Anda sebelumnya.

Teknik promosi ini juga memiliki beberapa manfaat diantaranya meningkatkan penjualan dan brand awareness kepada pelanggan atau calon pembeli.

C. Memudahkan Pembeli Untuk Menemukan Restoran Kuliner Anda

Anda sudah mempromosikan secara online, bukan? Jika sudah, pembeli akan dengan mudah menemukan restoran atau kafe melalui Google Maps.

Hanya dengan mengetikkan nama restoran Anda dalam pencarian. Karena itu, letakkan alamat lengkap anda di peta sejelas dan sespesifik mungkin.

Cara Memasarkan Bisnis Kuliner

Setelah Anda memahami beberapa keuntungan dari digital marketing, pasti Anda merasa tergoda untuk mencoba menerapkannya ke dalam bisnis Anda, bukan? Nah, kami akan memberikan beberapa cara pemasaran bisnis kuliner yang bisa anda coba.

A. Gunakan Foto Dan Copywriting

Dalam bisnis online, Anda perlu copywriting untuk memasarkan produk. Copywriting adalah tulisan yang dibuat untuk memperkenalkan produk kuliner sehingga dapat menarik orang untuk membeli atau menggunakan jasa.

Copywriting dibuat untuk menargetkan target pasar yang tepat. Copywriting biasanya tulisan pendek, tetapi memiliki kekuatan promosi merek.

Copywriting dalam bisnis harus memperhatikan beberapa poin penting, termasuk:

  1. Bahasa harus persuasif, sehingga dapat menarik khalayak untuk membaca dan membeli produk,
  2. gunakan judul yang unik dan menarik,
  3. pastikan tulisannya bagus untuk dibaca dan tidak terlalu kaku,
  4. juga berikan informasi yang spesifik dan menonjol dari produk anda.
  5. Selain copywriting, foto juga bisa digunakan untuk pemasaran bisnis kuliner. Penggunaan foto dapat meyakinkan pelanggan tentang kuliner yang Anda tawarkan dan menambah nilai penjualan. Eittss, tetapi menggunakan foto sebagai media penjualan juga memiliki teknik, misalnya:
  • sorot sisi terbaik dari bisnis kuliner Anda,
  • Gunakan latar belakang dan aksesori yang sesuai,
  • Sesuaikan pencahayaan dan komposisi foto,
  • Sesuaikan foto dengan tren,
  • mengedit foto serta dan semenarik mungkin.

B. Membuat Website

Promosi melalui website dianggap lebih menantang. Jika Anda baru membuat situs web, tentu akan sulit untuk mendapatkan pengunjung.

Untuk itu, Anda harus selalu aktif agar traffic website menjadi lebih ramai. Coba bagikan tautan ke teman atau kenalan anda. Pastikan juga bahwa konten situs web selalu diperbarui.

C. Terapkan optimasi SEO

SEO (Search engine Optimization) adalah strategi untuk mengoptimalkan situs web agar berada di halaman pertama mesin pencari.

Nah, SEO itu sendiri terkait dengan promosi situs web. Anda diharuskan menerapkan teknik pemasaran SEO pada sebuah website agar bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

Sehingga kemungkinan besar website anda ramai dikunjungi pengunjung. Poin utama yang digunakan untuk SEO adalah strategi kata kunci.

Misalnya, jika Anda menjual bakso di Jakarta, kemungkinan orang yang ingin makan bakso di Jakarta akan mencari kata kunci di mesin pencari dengan”bakso enak di Jakarta”. Untuk itu, pastikan Anda memasukkan kata kunci tersebut dalam artikel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.