Tips Sukses Pemasaran Media Sosial

Tips Sukses Pemasaran Media Sosial

Cararesep.com – Hallo sobat Cararsep kali ini kita akan mengulas mengenai Tips Sukses Pemasaran Media Sosial. Media sosial di era digital ini menjdi sebuah magnet sebagi alat promosi bisnis.

Dengan mengguanakan sebuah media sosial Anda bisa mempromosikan sebuah bisnis yang Anda kelola. Atau yang sedang di jalani menjdi semakin berkembang bahkan bisa mencakup seluruh Dunia.

Pernahkah Anda mencoba pemasaran media sosial? Terlepas dari semua hype, meluncurkan kampanye pemasaran media sosial yang sukses tidak semudah membuka beberapa akun dan menunggu pengikut datang.

Kampanye yang paling sukses adalah produk dari perencanaan yang baik, kerja cerdas dan konsisten, dan pengetahuan yang kuat tentang platform media sosial. Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda membawa kampanye Anda ke tingkat berikutnya.

Baca Juga:

10 Tips Sukses Pemasaran Media Sosial

Tips Sukses Pemasaran Media Sosial

1. Miliki Rencana

Memulai perjalanan media sosial Anda dengan cara yang serampangan, “buatlah sambil jalan” mungkin akan memberi Anda tingkat hasil yang serampangan yang sama. Ada metode untuk kegilaan ini, meskipun media sosial terkadang terlihat kacau.

Sebelum memulai kampanye, ketahui apa yang ingin Anda capai dan tentukan apa arti kesuksesan media sosial bagi Anda. Putuskan platform apa yang akan Anda gunakan dan bagaimana Anda akan mendekati masing-masing platform.

Buat rencana implementasi yang sistematis dan luangkan waktu setiap hari untuk aktivitas yang perlu Anda lakukan, baik itu memposting konten atau berinteraksi dengan kontak.

Tanpa rencana dan tujuan yang ditetapkan, Anda tidak akan pernah bisa mencapai kesuksesan atau mengukur kemajuan kampanye media sosial Anda.

2. Kenali Platform Media Sosial Anda

Banyak platform media sosial memiliki beberapa jenis fitur khusus (beberapa lebih dari satu) yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda. Kenali platform Anda dan semua yang ditawarkannya kepada Anda. Berikut adalah tiga contoh singkat yang mungkin tidak Anda ketahui:

  • Pencarian Lanjutan Twitter

Tentukan pekerjaan atau layanan yang Anda tawarkan dan pilih area Anda. Anda dapat dengan mudah menemukan pelanggan yang sudah mencari apa yang mungkin Anda tawarkan dengan cara ini.

  • Penawaran Facebook

Ini sedikit berbeda dari iklan Facebook biasa. Anda dapat mengaturnya di halaman Facebook Anda dan apa pun yang Anda tawarkan dipromosikan di umpan berita Anda.

  • Fitur “Hari Anda” LinkedIn

Ini akan membantu Anda mengawasi peristiwa penting dalam kehidupan kontak Anda (ulang tahun, promosi, dll.), memberi Anda kesempatan untuk memberi selamat dan terhubung kembali dengan mereka. Siapkan juga halaman perusahaan di LinkedIn selain profil pribadi Anda.

3. Mengawasi Pesaing

Pesaing bisa menjadi sumber ide yang bagus. Pantau konten dan posting mereka dan catat apa pun yang mendapat banyak reaksi atau perhatian.

Jangan menyalin konten ini, tetapi gunakan variasi unik dari ide dasar itu untuk meningkatkan hasil Anda sendiri. Ini tidak hanya berlaku untuk pesaing, tentu saja. Lihat juga postingan atau kampanye yang berhasil di luar niche atau komunitas Anda.

4. Jadilah Pemilih Tentang Platform Anda

Jangan bergabung dengan jaringan media sosial sebanyak mungkin. Ini adalah mitos umum yang diabadikan oleh kuantitas di atas kualitas kerumunan spam. Pergilah ke tempat pelanggan Anda berada dan gunakan platform di mana Anda dapat dengan mudah terhubung dengan mereka.

Mempertahankan kehadiran yang kuat pada 3 atau 4 jaringan utama lebih baik daripada kehadiran yang terdilusi pada 6, 7 atau 8 jaringan. Kehadiran saja tidak cukup. Anda harus aktif dan memberikan nilai secara konsisten.

5. Menonjol Dengan Pembaruan Gambar

Orang-orang menyukai gambar. Presentasi visual secara konsisten mengungguli teks di internet.

Alih-alih hanya menggunakan pembaruan teks, mengapa tidak membumbuinya dengan meletakkan teks itu pada gambar yang relevan dan menarik. Gambar mudah dibagikan dan orang senang melakukannya.

Mereka juga menarik perhatian dan akan menonjol di antara banyak pembaruan teks yang akan diperoleh prospek Anda.

Pilih gambar Anda dengan hati-hati, pastikan itu menyampaikan pesan, bahwa itu relevan tetapi juga menarik perhatian.

6. Membangun Pengaruh

Ini adalah strategi jangka panjang, tetapi sangat penting. Anda perlu menetapkan diri Anda sebagai otoritas di ceruk atau pasar Anda.

Berkomunikasi dengan pengikut Anda dan jawab pertanyaan mereka. Membangun reputasi sebagai seseorang yang berpengetahuan dan dapat dipercaya. Terhubung dengan pemimpin lain di industri atau niche Anda dan bangun hubungan dengan mereka.

Terakhir, berikan konten berkualitas secara konsisten dan jadikan setiap postingan penting sebagai sesuatu yang bernilai.

7. Tanyakan

Orang suka berbicara, menawarkan pendapat, dan berinteraksi. Apa cara termudah untuk membuat mereka melakukan ini? Dengan mengajukan pertanyaan.

Ini adalah cara yang sederhana, namun efektif untuk membuat pengikut Anda berbicara dan berinteraksi dengan mereka. Anda tidak hanya akan membuat beberapa koneksi, tetapi Anda akan belajar lebih banyak tentang audiens Anda, apa yang mereka inginkan, suka dan tidak suka mereka.

Anda juga bisa mendapatkan petunjuk tentang jenis konten yang mereka inginkan, sehingga memungkinkan Anda memberi mereka lebih banyak dari apa yang mereka inginkan.

8. Dapatkan Perhatian

Anda masih seorang pemasar, dan banyak praktik pemasaran diterjemahkan dengan baik ke media sosial. Tulis tajuk utama yang kuat untuk menarik perhatian, bercerita, menantang ide, menjadi sedikit kontroversial bila perlu.

Merangsang interaksi dan perhatian dengan hadiah atau kompetisi. Aman dan membosankan tidak akan membuat Anda diperhatikan di dunia pemasaran media sosial yang sibuk.

9. Berpartisipasi

Baik itu grup LinkedIn atau profil Facebook pelanggan Anda, berpartisipasi dan berinteraksi. Dapatkan nama Anda di luar sana. Tunjukkan minat dan tunjukkan pengetahuan Anda. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan pengikut, teman, dan kontak.

Anda harus aktif di media sosial, yang membawa kita kembali ke titik awal perencanaan: pastikan Anda menyisihkan cukup waktu untuk terlibat dengan orang dan membangun kehadiran sosial Anda dengan benar.

10. Tetap Terkini

Media sosial adalah industri yang bergerak cepat. Anda harus tetap up to date dengan jaringan baru, teknik pemasaran sosial baru atau kinerja jaringan yang sudah mapan.

Misalnya, Google+ mungkin memulai dengan lambat, tetapi sekarang berkembang pesat menjadi raksasa media sosial dan tidak dapat lagi diabaikan dengan aman.

Tetap terinformasi tentang lanskap pemasaran sosial yang berubah dan sesuaikan kampanye atau rencana Anda untuk memasukkan peluang, platform, atau teknik baru yang menjanjikan.

Gallery for Tips Sukses Pemasaran Media Sosial

You May Also Like

About the Author: Samsul

Leave a Reply

Your email address will not be published.