Tutorial Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

By | 14/06/2022

Cararesep.com – Email atau yang sering di sebut surat elektronik (surel) adalah salah satu media komunikasi yang sudah ada sejak lama. Kemunculan email pada jaman dahulu memiliki tujuan sebagai media somunikasi yang memberikan kemudahan.

Biasanya email di pakai oleh mereka untuk kepentingan yang bersifat formal seperti bisnis dan kepentingan dalam dunia perkantoran. Walaupun perkembangan media sosial saat ini sudah semakin meningkat dapat menggeser sejumlah pengguna email.

Baca Juga:

Sebagian besar orang atau instansi masih menggunakan email untuk suatu kepentingan. Hal ini di karnakan karena terdapat beberapa pendapat bagi mereka yang memilih email untuk kepentingannya.

Di bandingkan dengan media sosial yang lain, email di kategorikan sebagai media sosial yang murah atau bahkan gratis. Seperti provinder yang di sesuaikan oleh Gmail, Yahoo dan Outlook.

Panduan Cara Untuk Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

1. Pastikan alamat email sesuai dengan namamu

Kamau bisa saja mempunya alamat email dengan penamaan yang cenderung berlebihan atau terkesan tidak formal seperti alamat email yang sering kita jumpai pada anak-anak muda zaman dahulu.

2. Pastikan berkas lamaran kerjamu tidak lebih dari 1 MB

Jika file berkas lamaran yang kamu lampirkan memiliki kapasitas ukuran lebih dari 1 MB, kamu harus mengecilkannya hingga kurang dari 1 MB. Mengapa begitu? Penggunaan file berkas lamaran dengan ukuran kurang dari 1 MB akan memudahkan HRD atau rekruter untuk mengunduh file berkas lamaranmu.

3. Hindari mengirim berkas lamaran kerja dengan formar zip/rar

Pastikan file berkas lamaran yang sudah kamu siapkan tidak dalam format zip atau rar, bentuk zip dan rar merupakan file kompresi yang memungkinkan sejumlah file di kumpulkan menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil.

4. Gunakan bahasa resmi

Dari keseluruhan tips yang paling penting di antaranya merupakan penggunaan bahasa resmi atau formal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Tentunya kamu harus menghindai penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi seperti bahsa yang di pakai dalam keseharian dengan teman sebaya.

5. Tulis subject secara jelas

Subject adalah bagian dari email yang sangat mudah untuk di kenali karena letak subject di anggap sebagai kepala email.

Tentunya ketika seseorang membuka email, bagian yang pertama kali di baca merupakan bagian kepala email yang salah satunya merupakan subject.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *